Upgrade Tubuh Manusia Dengan Augmentasi

Secara bahasa menurut Dictionary.com, Augment adalah membuat sesuatu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan Augmentation adalah suatu keadaaan dimana suatu hal dibuat menjadi lebih baik.

Banyak lembaga riset diseluruh dunia mencari cara agar bisa meng-augmentasi manusia. Diharapkan manusia yang sudah menjalani augmentasi bisa memiliki kemampuan yang lebih baik dari manusia biasa, baik secara fisik, kecepatan, ataupun kecerdasan. Selain untuk meningkatkan kemampuan manusia, proses augmentasi digunakan untuk menolong orang-orang cacat agar bisa melakukan kegiatan seperti manusia biasa.

Film-film hollywood sering menggunakan augmentasi sebagai tema utama, seperti pada film Minority Report (2002), Total Recall (1990/2012), Captain America (2011), Robocop (1987/2004), dsb. Selain di film, augmentasi ini juga banyak ditemukan pada video game, seperti pada game Metal Gear series, Deus Ex series, Crysis series, dsb.

Augmentasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menyatukan manusia dengan benda artifisial seperti pada film Robocop. Pada film Robocop dicontohkan hasil dari augmentasi manusia dengan logam dan komputer. Hasil akhirnya disebut dengan cybernetic organism (cyborg).

Selain dengan benda artifisial, augmentasi bisa dilakukan dengan proses biomolekuler seperti pada film Captain America. Cara yang paling sering dari proses biomolekuler adalah dengan membuat modifikasi genetik terhadap tubuh manusia. Dengan modifikasi genetik diharapkan bisa meningkatkan persepsi, ketangkasan, kecerdasan, masa otot, kekuatan otot, dsb.

Sedangkan untuk film Ironman (2008), armor yang digunakan bukanlah merupakan produk augmentasi, tetapi merupakan exoskeleton. Untuk membahas lebih lanjut mengenai exoskeleton, silahkan buka link berikut: Iron Man Menurut Al-Qur'an

Kita tadi membahas mengenai augmentasi untuk meningkatkan kemampuan manusia diatas fungsi normalnya. Sekarang kita membahas augmentasi untuk menghilangkan kecacatan sehingga manusia bisa berfungsi secara normal. Berikut ini adalah beberapa contoh augmentasi yang digunakan untuk menolong kecacatan pada manusia:

1. Cochlear Implant
Implant koklea bertujuan untuk memperbaiki pendengaran seseorang yang tuli akibat kerusakan sel rambut di koklea. Jenis tuli seperti ini disebut Sensorineural Hearing loss (SNHL). Hal ini bisa terjadi dari kelaianan kongenital pada anak atau pada infeksi telinga kronis yang dibiarkan.

2. Artificial Cardiac Pacemaker
Secara normal jantung memiliki sel Cardiac Pacemaker yang membuat jantung terus berdetak dengan frekuensi normal 60-100x/menit, disertai irama yang reguler dan konsisten. Tetapi pada pasien yang mengalami kerusakan sel Pacemaker, misalnya karena Myocardial Infarction, detak jantung menjadi sangat tidak teratur sehingga darah tidak bisa dipompa ke seluruh tubuh dan bisa mengakibatkan kematian.

Sebagai gantinya dibuatlah Artificial Cardiac Pacemaker yang bertujuan  untuk menggantikan fungsi sel Cardiac Pacemaker mengirimkan impuls listrik ke otot jantung sehingga irama jantung bisa kembali reguler dan konsisten.

3. Phrostetic Limb
Mungkin kita sudah sering melihat kaki atau tangan palsu prostetik, baik di dalam film atau di kehidupan nyata. Fungsinya untuk menggantikan alat gerak yang hilang akibat kecelakaan atau akibat dari suatu penyakit.

Prostetik tercanggih saat ini diciptakan oleh Touch Bionic. Mereka menciptakan tangan prostetik dengan teknologi myoelectric prosthesis. Teknologi tersebut bekerja dengan menerima impuls saraf dari otot-otot tangan dan menghantarkannya kepada tangan prostetik untuk di terjemahkan menjadi gerakan seperti layaknya tangan manusia normal.


Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Human_enhancement
http://en.wikipedia.org/wiki/Cyborg
http://en.wikipedia.org/wiki/Transhumanism
http://en.wikipedia.org/wiki/Prosthetic_limb
http://www.thefreedictionary.com/augmentation
http://science.howstuffworks.com/prosthetic-limb4.htm
http://www.touchbionics.com/products/active-prostheses/i-limb-ultra/

0 Komentar:

Poskan Komentar