Film-Film Terbaik Sepanjang Hidup Saya


Banyak sekali film-film di produksi setiap tahunnya di seluruh dunia. Akan tetapi, hanya sedikit saja film yang bisa memberi kesan bermakna dan menempel lama diingatan para penontonnya. Berikut ini adalah film-film yang menurut saya pribadi adalah film yang paling berkesan sepanjang hidup saya:


7. Avatar (2009)



Film ini pasti pernah ditonton oleh semua pecinta film di seluruh dunia. Jalan ceritanya yang ringan dan mudah diikuti oleh siapa saja yang menontonnya membuat film ini menarik. Selain itu, special effect yang digunakan pada film ini menggunakan teknologi CGI tercanggih pada saat itu sehingga memanjakan mata dari awal hingga akhir film.

Saya masih ingat ketika dulu menonton film ini di bioskop. Ketika film selesai, semua penonton di bioskop tepuk tangan. Sungguh kejadian langka.

Oleh karena semua kelebihannya, film karya James Cameron ini menjadi film terlaris sepanjang masa di Hollywood, meraup keuntungan 2,7 miliar USD. Hingga tulisan ini dibuat, belum ada film yang bisa menyaingi keuntungan yang didapat oleh film Avatar.

Untuk daftar film terlaris sepanjang masa bisa dilihat di link berikut: 10 Film Terbaik Sepanjang Masa


6. I Saw the Devil (2010)

Korea Selatan tidak hanya pandai membuat film drama percintaan. Negara tersebut pandai juga membuat film thriller dan action. Saking bagusnya, banyak film-film yang dibuat di negara tersebut dilirik dan dihargai Hollywood. Film ber-genre horror thriller ini merupakan salah satunya.

Sebelum menonton film ini dibutuhkan persiapan fisik dan mental karena film ini menguras segalanya selama 2 jam. Film ini bercerita mengenai balas dendam seorang polisi karena istrinya dibunuh oleh seorang serial killer.

Untuk saya pribadi, film ini adalah film bertemakan balas dendam terbaik yang pernah saya tonton. Mengalahkan film-filmnya Quentin Tarantino.


5. There Will Be Blood (2007)
Film ini bukan film yang bisa dinikmati oleh semua orang. Sebagian orang  mungkin ada yang boring menontonnya, dan sebagian lainnya ada juga yang menyukainya, seperti saya.

Film ini bercerita mengenai kehidupan seorang pengusaha minyak kikir dan kafir, dari mulai dia miskin hingga kaya raya. Sosok tamak tokoh utama dalam film ini ditampilkan secara unik dan spektakuler melalui dialog dan adegan yang juga menguras moral para penontonnya.

Paul Thomas Anderson sebagai penulis naskah dan sutradara sukses membuat film ini menjadi film drama yang kelam. Semua itu ditunjang oleh akting yang spektakuler dari Daniel Day-Lewis sebagai pengusaha minyak yang kikir dan kafir.


4. Perfume The Story Of A Murderer (2006)

Film ini menceritakan mengenai seorang pria yang memiliki penciuman sangat tajam. Bisa mencium aroma benda-benda yang tidak lazim. Hingga satu waktu membuat dia terobsesi dengan aroma manusia.

Film buatan Jerman dengan bahasa Inggris ini dibuat dengan unik. Sangat langka sebuah film semi-biografi disuguhkan dengan alur yang menawan. Para penonton akan terus bertanya-tanya mengenai motif dan tujuan utama dari tokoh di film ini. Semua itu akan terjawab saat film ini mencapai bagian ending yang sungguh "wow".


3. Up (2009)
Hampir setiap film yang diproduksi oleh studio animasi Pixar memberi saya kesan bermakna, seperti film Toy Story, Ratatouille, Wall-E, dsb. Tetapi dari semuanya, hanya film Up-lah yang paling berkesan buat saya pribadi karena memiliki cerita yang unik dan menyentuh (heart warming).

Film ini menceritakan petualangan dan persahabatan anak asia dengan seorang lansia. Mereka melakukan penjelajahan hingga ke Amerika Selatan. Hubungan anak dan lansia tersebut diceritakan dengan menarik, penuh canda tawa, dan penuh haru.


2. The Warrior (2011)
Film ini mengisahkan tentang kakak-beradik yang mengikuti pertandingan Mixed Martial Arts (MMA). Keduanya memiliki background yang berbeda. Sang adik, yang diperankan oleh Tom Hardy, adalah seorang mantan anggota marinir. Lalu sang kakak, yang diperankan oleh Joel Edgerton, adalah mantan guru fisika.

Awal-awal film ini menceritakan keretakan rumah tangga yang terjadi antara kakak-beradik tersebut dengan sang ayah yang alkaholik. Cerita hubungan kekeluargaan antara kakak-beradik pada film ini diceritakan dengan sangat baik sehingga membuat penonton menjadi care dengan semua tokoh yang ada di film ini.

Adegan pertandingan MMA pada film ini ditampilkan dengan sangat baik dan menegangkan. Selain itu, Film ini memiliki ending yang luar biasa emotional. Sama seperti para penonton di forum IMDB, saya sendiri tidak bisa menahan air mata ketika film ini mencapai ending.


1. Inception (2010)
Ya inilah dia, urutan nomer satu di list film terbaik versi saya pribadi. Film ini bercerita mengenai penjelajah mimpi yang bisa mencuri informasi melalui mimpi.

Film ini memiliki skenario cerita yang rumit, tetapi di eksekusi dengan baik, sehingga tidak membingungkan dan mudah diikuti oleh para penontonnya. Film ini akan terus membuat para penontonnya penasaran dari awal hingga akhir film. Bahkan ketika film sudah selesai, masih ada tanda tanya yang membuat penonton penasaran dan ingin menonton ulang film ini.

Film ini adalah sebuah masterpiece dari Christopher Nolan sebagai penulis skenario sekaligus sutradara. Sangat sulit sekali membuat skenario film dengan setting berlapis-lapis, tetapi Christopher Nolan bisa melakukannya, sungguh luar biasa.