Film-Film Terbaik Mengenai Penyerangan Alien ke Bumi


Tidak pernah ada habisnya Hollywood membuat film bertemakan alien. Banyak pilihan-pilihan film bertemakan alien dibuat di pasaran, mulai dari tema persahabatan, percintaan, hingga permusuhan dengan para alien. Film penyerangan alien pun ada yang dalam skala kecil hingga skala besar. Untuk mempermudah pembaca, selanjutnya saya akan membuat daftar mengenai film-film penyerangan alien dalam skala besar saja.

Berikut ini adalah film-film mengenai invasi alien ke bumi yang menjadi favorit saya pribadi:


11. The Day the Earth Stood Still (2008)

Film ini merupakan hasil remake dari film tahun 1951 yang berjudul sama, The Day the Earth Stood Still. Film ini menceritakan seorang alien yang datang bersama robotnya untuk menyelamatkan bumi. Akan tetapi, pihak militer menganggap kedatangan tersebut sebagai bentuk invasi, sehingga akhirnya terjadilah pertempuran.

Mungkin film penyerangan alien yang satu ini tidak sebagus film-film alien lainnya. Script cerita film ini terasa hambar dan membosankan. Padahal sungguh disayangkan, aktor dan sutradara yang ada di film ini cukup mumpuni. Selain itu, special effect-nya pada film ini pun diatas rata-rata.



10. Skyline (2010)

Film ini bercerita mengenai para pemuda yang terjebak di apartemen ketika terjadi serangan alien di bumi. Mereka berusaha menyelamatkan diri dari serangan tersebut.

Film ini merupakan B-Movie, artinya film ini dibuat dengan budget yang kecil. Tetapi walaupun dengan budget kecil, special effect dari film ini cukup baik. Film ini hanya lemah dari segi cerita saja dan masih layak untuk ditonton.



9. The Darkest Hour (2011)

Film berbahasa Inggris ini dibuat oleh studio film Rusia dan diperankan oleh aktor dan aktris Amerika. Film ini menceritakan mengenai 5 orang turis yang terjebak di Moscow ketika terjadi penyerangan alien. Alien-alien tersebut tidak terlihat dan menyerang melalui medan listrik.

Film ini sayangnya mendapat rating yang kurang baik dari para kritikus film. Walaupun demikian, film ini cukup menghibur dan layak ditonton.



8. Mars Attacks! (1996)

Dari semua film yang ada di daftar ini, hanya film inilah yang merupakan film alien yang ber-genre action-comedy. Film ini merupakan sebuah parodi penyerangan besar-besaran alien dari planet Mars ke Bumi.

Ceritanya ringan dan mudah diikuti. Banyak adegan lucu yang cukup menghibur di film ini. Special effect pada film ini pun dibuat dengan menarik dan lucu. Selain masalah teknis yang baik, film ini juga memiliki pemain-pemain papan atas pada zamannya seperti Jack Nicholson, Pierce Brosnan, dsb. Oh ya satu lagi, ending film ini juga cukup "wah" dan lucu.



7. Battleship (2012)

Film ini bercerita mengenai penyerangan alien ditengah lautan ketika sedang ada latihan maritim bersama. Pertempuran antara kapal perang melawan pesawat alien pun tidak bisa terelakkan.

Film ini memiliki Special effect yang perlu diacungi jempol. Selain itu tema maritim film ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Tema penyerangan alien di lautan belum cukup digali oleh Hollywood. Selain action, film ini juga memiliki unsur drama dan komedi yang menghibur.

Film ini sayangnya tidak mendapatkan rating yang baik dari para kritikus film. Tetapi menurut saya pribadi, film ini sangat layak ditonton.



6. Transformers: Age of Extinction (2014)

Transformer adalah merupakan alien berteknologi tinggi dan memiliki wujud dalam bentuk logam yang bisa berubah bentuk. Film yang selalu disutradarai oleh Michael Bay ini sangatlah kaya dengan special effect dan ledakan. Setiap film Transformers release, keuntungan yang didapat bisa mencapai hingga 1 milyar US Dollar.

Dari semua film Transformers yang ada, saya mengambil judul ini karena skala penyerangan alien-alien robot yang terjadi lebih besar dibandingkan film-film Transformers sebelumnya.



5. War of the Worlds (2005)

Film yang diangkat dari novel tahun 1980an ini bercerita mengenai kisah keluarga yang harus bertahan hidup ketika terjadi penyerangan alien besar-besaran di Bumi. Film ini lebih menonjolkan unsur drama keluarga dibandingkan dengan unsur peperangan antara manusia melawan alien.

Special effect pada film ini tidak perlu diragukan lagi, karena film ini dibuat oleh sutradara ternama Hollywood, Steven Spielberg. Film War of the World ini merupakan film alien ketiganya setelah E.T. dan Close Encounters of the Third Kind.



4. Battle Los Angeles (2011)

Film ini berkisah mengenai tentara Amerika Serikat yang ditugasi memerangi alien yang menyerang ke bumi. Bayangkan film ini seperti film War of the World yang dikombinasikan dengan film Black Hawk Down.

Unsur militer yang ditonjolkan di film ini disajikan dengan bagus. Bagaimana teknologi militer zaman sekarang melawan teknologi alien yang sudah sangat canggih. Walaupun rating film ini tidak begitu bagus menurut para kritikus film, tetapi film ini sangatlah layak ditonton.



3. Independence Day (1996)

Film ini bercerita mengenai invasi besar-besaran alien ke seluruh negara di muka bumi. Film ini sangat menonjolkan kisah heroik para manusia melawan para alien. Film ini merupakan film alien favorit saya ketika masih duduk di bangku SD.

Film ini disutradarai oleh Roland Emmerich, sutradara yang spesialis membuat film bencana alam. Unsur drama, aksi heroik, dan unsur kekeluargaan dari gaya penyutradaraan Roland Emerich memberi film ini daya tarik lebih dan menambah seru cerita. Spesial effect pada film ini cukup baik walaupun ditonton ulang pada zaman sekarang.



2. Edge of Tomorrow (2014)

Film yang diangkat dari novel jepang ini bercerita mengenai hari penyerangan manusia ke sebagian benua eropa yang sudah dikuasai alien. Tom Cruise sebagai tokoh utama, pada hari itu mendapatkan kekuatan dimana jika ia mati maka ia bisa hidup kembali pada hari yang sama sebelum hari penyerangan.

Screenplay dan penyutradaraan yang baik dari film ini perlu diacungi jempol. Sangat sulit membuat film yang bertemakan perpindahan waktu dengan baik. Selain itu Tom Cruise dan Emily Blunt sebagai tokoh utama, membuat film ini lebih hidup.



1. District 9 (2009)

Film ini berkisah mengenai alien yang mengungsi ke bumi dan menetap di negara Afrika Selatan. Cerita film ini dimulai saat acara sensus pemukiman alien yang berubah menjadi bencana ketika tokoh utama film ini tersemprot oleh DNA alien.

Berbeda dari semua list film yang ada di atas yang bercerita mengenai invasi alien, film ini menggambarkan keadaan sosial manusia yang hidup berdampingan dengan alien. Special effect yang memanjakan mata, cerita dan tema yang unik, serta penyutradaraan yang baik, membuat film ini masuk urutan nomer satu menjadi film alien favorit saya.