Bolehkah Ibu Hamil Memakan Steak?


Betapa lezatnya mengkonsumsi steak. Daging yang lembut dimulut dan aneka saus yang menggugah selera tentunya membuat siapapun tertarik menyantapnya. Begitupun dengan mereka yang sedang hamil dan sedang ngidam. Tetapi apakah mengkonsumsi steak aman untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan? Untuk Membahas itu semua mari kita bahas satu persatu.


Steak
Steak adalah daging yang yang dipotong memanjang. Bahan dasar steak banyak jenisnya, bisa dari daging sapi, kambing, atau bahkan ikan. Dari semua itu, daging sapi adalah yang paling banyak digunakan untuk bahan dasar steak. Daging sapi pun banyak jenisnya. Jenis daging sapi yang cukup istimewa adalah daging sapi Wagyū dari Jepang. Wagyū merupakan sapi hasil perkawinan silang sehingga memiliki kualitas daging yang super.

Semua bagian tubuh sapi bisa dijadikan steak. Ada bagian-bagian tertentu dari tubuh sapi yang lebih lezat untuk dijadikan steak sehingga bagian ini sangat sering digunakan dalam pembuatan steak, contohnya seperti ribs (iga), tenderloin, sirloin, dsb.


Cara memasak steak yang sering dilakukan adalah dengan di grill (panggang). Tetapi, steak bisa juga dimasak dengan berbagai cara, misalnya digoreng, dioven, dsb.


Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi steak?
Ibu hamil boleh mengkonsumsi steak, apapun jenisnya itu. Yang perlu menjadi perhatian ibu hamil dalam mengkonsumsi steak adalah bagaimana tingkat kematangan steak itu sendiri ketika dimasak.

Tingkat kematangan steak:
  • Well done (matang)
  • Medium (setengah matang)
  • Rare (mentah)
Ibu hamil harus mengkonsumsi daging steak yang benar-benar matang atau well done.


Akibat daging kurang matang
Daging yang dimasak kurang matang bisa menjadi berbahaya bagi ibu dan janin yang ada didalam kandungan. Bakteri atau parasit yang terdapat didalam daging tersebut menjadi tidak terbunuh seluruhnya sehingga bisa menular ke ibu hamil.

Untuk daerah tropis seperti Indonesia, bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil adalah bakteri Salmonella sp. yang menyebabkan terjadinya typhoid fever. Di Indonesia Typhoid fever biasa dikenal masyarakat dengan nama penyakit Tifus atau Tipes. Untuk wilayah dengan empat musim seperti Amerika Serikat, bakteri yang berbahaya dan sering ditemui adalah Listeria sp. yang menyebabkan penyakit Listeriosis.

Sedangkan untuk parasit yang berbahaya bagi ibu hamil adalah parasit dari genus Toxoplasma, terutama dari spesies Toxoplasma gondii yang menyebabkan penyakit Toksoplasmosis. Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian janin dan mengakibatkan kemandulan pada ibu.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai mengkonsumsi daging yang kurang matang saat hami, bisa dibuka link berikut: Akibat Mengkonsumsi Daging Kurang Matang Saat Hamil.



Sumber

Kata Kunci
Steak untuk Kehamilan, Daging sapi untuk ibu hamil, Daging kambing untuk ibu hamil. Memakan steak saat hamil.

0 Komentar:

Poskan Komentar