Bolehkah Meminum Kopi Saat Hamil?



Kopi merupakan minuman yang paling sering diminum di seluruh dunia selain dari teh. Minuman yang satu ini sangat nikmat diminum baik dalam keadaan panas maupun dingin. Cara penyajian dan campuran dari kopi pun beraneka ragam sehingga membuat minuman ini selalu bervariasi ketika disajikan.

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai seputar kopi pada kehamilan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.


Bolehkah ibu hamil meminum kopi?
Jawabannya adalah boleh. Ibu hamil boleh mengkonsumsi kopi.Yang perlu diperhatikan adalah kandungan kafein didalam kopi itu sendiri. Semakin pekat kopinya, semakin tinggi kadar kafein-nya.


Apa itu Kafein?
Kafein merupakan salah satu jenis zat psikoaktif yang bekerja pada susunan saraf pusat. Zat psikoaktif pada kafein berfungsi sebagai pencegah ngantuk.


Selain pada saraf pusat, kafein juga bisa bekerja pada organ tubuh lainnya. Salah satu contohnya adalah pada otot polos dan otot jantung. Untuk membahas lebih lanjut mengenai efek kafein pada kesehatan, bisa dibuka link berikut: Health effects of caffeine


Sumber Kafein
Kafein bisa ditemukan di dalam berbagai produk makanan, minuman, dan obat-obatan. Kadar kafein tertinggi berada di dalam kopi dan coklat. Selain itu, teh dan kola juga mengandung sedikit kadar kafein.

Selain itu, makanan-makanan yang mengandung kafein akan tetap memiliki kadar kafein walaupun sudah diolah sekalipun. Contohnya seperti dari olahan kopi dan coklat, misalnya kue coklat, kue capucino, dsb.

Berikut adalah tabel makanan dan minuman yang mengandung kafein:

Tabel dari: March of Dimes

Kadar Aman Kafein
Menurut standar yang ditetapkan oleh March of Dimes, organisasi yang bergerak dalam kesehatan ibu dan anak di Amerika Serikat, kadar kafein maksimal yang boleh di konsumsi oleh ibu hamil per harinya adalah 200 mg.


Berapa gelas kopi?
Jika dikonversikan, 200 mg kafein itu kurang lebih sama dengan 12 oz gelas kopi. Setiap kopi memiliki kandungan kafein yang berbeda-beda, tergantung dari jenis kopi dan campuran dari tiap-tiap kopi.



12 oz berapa gelas kopi?
Standar gelas di Amerika Serikat berbeda dengan di Asia. Standar gelas disana menggunakan satuan ounce (oz), sedangkan di Asia menggunakan mililiter (ml). Agar memudahkan pembaca, berikut adalah konversinya:
  • 1 oz kurang lebih sama dengan 30 ml 
  • 12 oz kurang lebih sama dengan 360 ml.
  • 360 ml kurang lebih sama dengan satu setengah Aqua gelas.

Efek samping kafein
Hingga saat ini, belum ada penelitian yang berhasil menyimpulkan secara pasti efek dari kafein terhadap kehamilan. Ada penelitian yang menunjukan manfaat dari kafein terhadap janin, ada juga penelitian yang menunjukan efek samping dari kafein terhadap janin.

Walaupun dasar penelitian belum 100% pasti, March of Dimes menerapkan standarisasi agar mencegah efek samping lebih lanjut dari kafein terhadap janin. Karena tiap ibu dan janin memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein.

Jika mengkonsumsi kafein lebih dari 200 mg per harinya, bisa meningkatkan resiko keguguran dan kematian bayi didalam janin.


Kesimpulan
  • Ibu hamil boleh mengkonsumsi kopi dengan tetap memperhatikan kadar kafein-nya.
  • Kadar kafein yang aman untuk ibu hamil adalah 200 mg per harinya.
  • Jika dikonversikan, 200 mg kafein kurang lebih sama dengan 360 ml kopi, atau sama dengan satu setengah Aqua gelas.
  • Hati-hati akumulasi kadar kafein. Jika sudah mengkonsumsi makanan atau obat yang mengandung kafein, lebih baik hindari meminum kopi.


Sumber

0 Komentar:

Poskan Komentar