10 Game Indie Open World Terbaik Dengan Tema Survival


Pengertian open world
Open world adalah suatu design video game dimana pemain diberi kebebasan untuk menjalankan suatu misi (mission/objective/quest). Konsep dari open world itu sendiri adalah pemain yang mendatangi misi, bukan misi yang mendatangi pemain. Hal ini memberikan kebebasan pada pemain untuk bisa bersenang-senang di dunia virtual sebelum menjalankan misi tersebut. Sinonim dari game open world adalah sandbox game atau free roam game.

Game open world akan memberikan para pemain misi utama (main mission) dan misi sampingan (side mission). Misi utama wajib diselesaikan oleh para pemain untuk mengetahui cerita utama dari game tersebut. Sedangkan misi sampingan adalah misi yang bisa dikerjakan ataupun tidak oleh para pemain.

Rata-rata setiap game open world harus dimainkan dalam waktu lama. Untuk menyelesaikan misi utamanya saja bisa antara 10 hingga 30 jam, belum lagi jika ditambah dengan misi sampingan lainnya. Jika dijumlahkan dengan misi utamanya, beberapa game open world bisa dimainkan hingga lebih dari 100 jam.


Game indie
Kemajuan internet di seluruh dunia mempermudah siapa saja untuk bisa meraih kesuksesan di berbagai bidang entertainment; baik itu di bidang musik, film, maupun video game. Hal ini, membuat banyak orang ingin mencoba peluang sukses tersebut dan bergerak secara independent—yang dikenal dengan istilah "indie".

Para pembuat game yang membuat game secara indie rata-rata memiliki budget kecil dan belum bekerjasama dengan publisher besar. Mereka biasanya terdiri dari tim kecil yang terdiri dari beberapa orang saja. Walaupun dengan segala keterbatasan, banyak para pembuat game indie ini yang sukses dipasaran. Game indie ini bisa dibuat untuk berbagai platform; baik PC, console, ataupun mobile seperti Android dan iOS.

Promosi yang sering dilakukan oleh para pembuat game indie di PC adalah melalui situs Steam atau GOG selaku penjual software dan game digital terbesar di dunia. Bahkan, game yang masih sedang dalam proses pembuatan pun bisa dijual di Steam dalam kategori Early Access Game.


Survival
Pada kesempatan ini saya akan membuat daftar mengenai game open world dari pembuat game indie dengan tema survival atau bertahan hidup; mulai dari terdampar di pulau, di laut, hingga di luar angkasa. Tema ini menarik untuk dibahas karena game dengan kategori survival cukup jarang ditemui di pasaran.

Selanjutnya untuk mempermudah pembaca, saya hanya akan memasukan game-game yang release dari tahun 2010 keatas.

Untuk artikel mengenai game open world lainnya, bisa dilihat disini:
Berikut adalah 10 game indie open world terbaik dengan tema survival menurut saya pribadi:


10. Stranded Deep (2015)
Status: Early Access Game
Platforms: PC exclusive
Trailer: Stranded Deep - Official Teaser Trailer


9. Breached (2016)
Status: Completed Game
Platforms: PC exclusive
Trailer: Breached - Launch Trailer


8. Planet Explorer (2014)
Status: Early Access Game
Platforms: PC exclusive
Trailer: Planet Explorers - Adventure Trailer


7. The Solus Project (2016)
Status: Completed Game
Platforms: PC exclusive
Trailer: The Solus Project - Launch Trailer


6. Kona (2016)
Status: Early Access Game
Platforms: PC exclusive
Trailer: Kona - Early Access Gameplay Trailer


5. The Long Dark (2014)
Status: Early Access Game
Platforms: Xbox One, PC
Trailer: The Long Dark – E3 2015 Xbox One Trailer


4. Don't Starve (2013)
Status: Completed Game
Platforms: PS3, PS4, Xbox One, Wii U, PC
Trailer: Don't Starve - Gameplay Trailer


3. Miasmata (2012)
Status: Completed Game
Platforms: PC exclusive
Trailer: Miasmata trailer


2. Subnautica (2014)
Status: Early Access Game
Platforms: Xbox One, PC
Trailer: Subnautica Gameplay - Early Access


1. The Forest (2014)
Status: Early Access Game
Platforms: PS4, PC
Trailer: The Forest - Trailer 3



Honorable Mention


Kata Kunci
Game terbaik, game free roam terbaik, game sandbox terbaik, game openworld, game PS4, game playstation4, game Xbox one, Xbox 1, game PC, game indie, game bertahan hidup.



0 Komentar:

Poskan Komentar