10 Game First-Person Shooter (FPS) Terbaik Pada Generasi ke-8


Pengertian first-person
Sudut pandang first-person (orang pertama) merupakan salah satu mekanisme bermain video game dimana tokoh utama dari game tidak bisa dilihat oleh pemain; tetapi, pemainlah yang menjadi tokoh utamanya. Sudut pandang ini membuat pemain serasa menjadi tokoh utama dari game itu sendiri.

Interaksi pemain dengan game dilakukan oleh tombol-tombol perintah pada joystick atau keyboard. Biasanya yang tampak di layar hanya tangan dan/atau senjata pemain saja.

Banyak jenis genre dari game dengan mekanisme first-person; mulai dari first-person shooters, first-person puzzles, walking simulator, dsb. Untuk memfokuskan tulisan, selanjutnya saya akan berfokus pada game dengan genre first-person shooter (FPS) saja. Untuk daftar game first-person puzzle, bisa dilihat disini: 10 Game First-Person Puzzle Terbaik.


Sejarah game first-person shooter
Genre game FPS sudah sangat terkenal di era 90-an dimana game seperti Quake, Doom, Wolfenstein, dsb. mendominasi genre ini. Di Indonesia sendiri, genre game FPS mulai terkenal pada awal dekade 2000-an karena booming-nya game multiplayer Counter-Strike (CS)

Game Counter-Strike awalnya merupakan modifikasi (mods) dari game Half Life yang kemudian booming karena mekanisme multiplayer-nya yang unik dan menarik. Barulah setelah itu, game Counter-Strike mulai digarap secara profesional dan hingga sekarang seri-seri game CS sudah banyak bermunculan di pasaran.



Generasi ke-8
Pada kesempatan ini, saya akan membuat list mengenai 10 game FPS terbaik pada era konsol generasi ke-8 (8th generation console) yaitu PS4, Xbox One, dan Wii U. Untuk memperbanyak pilihan, saya juga memasukan game PC pada generasi tersebut.


Agar memfokuskan tulisan, game-game FPS yang saya tulis pada list ini memiliki unsur single-player dan/atau multiplayer yang sama-sama bagus dan seru ketika dimainkan. Untuk daftar game FPS yang hanya berisi multiplayer saja, bisa dilihat disini: 10 Game Multiplayer First-Person Shooter (FPS) Terbaik.

Selain itu, pada tulisan ini saya hanya mengedepankan game-game FPS dengan gameplay yang linear dan tidak open world. Untuk daftar game open world, bisa dilihat disini: 10 Game Open World Terbaik pada Generasi ke-8.

Agar mempermudah pembaca, saya hanya akan menyebutkan satu seri terbaik saja untuk game yang memiliki seri lanjutan (sequel). Generasi ke-8 juga masih terbilang baru dan terus berkembang, jadi belum banyak game-game FPS bermunculan. Oleh karena itu, daftar ini akan terus di-update.


Berikut adalah 10 game first-person shooters terbaik untuk generasi ke-8 menurut saya pribadi:


10. Killzone Shadow Fall (2013)
Platforms: PS4 exclusive
Trailer: Killzone Shadow Fall - Launch Trailer


9. Warhammer: End Times - Vermintide (2015)
Platforms: PS4, Xbox One, PC
Trailer: Warhammer: End Times - Vermintide | Launch Trailer


8. Halo 5: Guardians (2015)
Platforms: Xbox One, PC
Trailer: Halo 5: Launch Gameplay Trailer


7. Destiny (2014)
Platforms: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC
Trailer: Official Destiny E3 Trailer - New Beginnings


6. Shadow Warrior 2 (2016)
Platforms: PS4, Xbox One, PC
Trailer: Shadow Warrior 2 - Who Wants Some Wang Trailer


5. Wolfenstein: The Old Blood (2015)
Platforms: PS4, Xbox One, PC
Trailer: Wolfenstein: The Old Blood - Launch Trailer


4. Doom (2016)
Platforms: PS4, Xbox One, PC
Trailer: DOOM – Launch Trailer


3. Call of Duty Black Ops 3 (2015)
Platforms: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC
Trailer: Call of Duty Black Ops 3: E3 2015 Trailer


2. Battlefield 1 (2016)
Platforms: PS4, Xbox One, PC
Trailer: Battlefield 1 Official Gameplay Trailer


1. Titanfall 2 (2016)
Platforms: PS4, Xbox One, PC
Trailer: Titanfall 2: Official Single Player Gameplay Trailer





Coming Soon

Sniper: Ghost Warrior 3 (2017)


Prey 2 (2017)


Kata Kunci
Game terbaik, game FPS terbaik, game first-person terbaik, game shooter terbaik.


0 Komentar:

Posting Komentar