Ruang Praktek Modern


Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai cara meningkatkan pelayanan dengan membuat ruang praktek modern yang mengaplikasikan berbagai teknologi. Ruang praktek ini bisa digunakan untuk semua tempat pelayanan kesehatan; baik di klinik pribadi ataupun poli rawat jalan di RS.

Ruang praktek ini juga bisa diaplikasikan oleh semua tenaga kesehatan; baik itu bidan, perawat (mantri), dokter umum, ataupun dokter spesialis. Semoga bermanfaat.


Ukuran ruangan
Pasien jarang datang sendiri untuk berobat. Rata-rata pasien selalu diantar oleh anggota keluarganya. Usahakan ruang praktek yang akan dibuat bisa membawa masuk minimal 2 anggota keluarga pasien sebagai moral support untuk pasiennya.


Contoh ilustasi: dalam satu ruangan terdiri dari 1 tenaga kesehatan (anda), 1 asisten anda, 1 pasien, dan 2 anggota keluarga pasien. Jika dijumlahkan, maka dalam ruangan tersebut terisi hingga 5 orang. Untuk bisa menampung semua, maka dibutuhkan ukuran ruang yang cukup luas.

Ukuran ruangan tidak dibatasi harus berapa meter persegi. Asalkan dirasa luas, maka ruangan tersebut sudah bisa dijadikan tempat praktek. Bentuknya pun bisa disesuaikan; bisa memanjang, melebar, ataupun persegi.

Ruangan praktek luas bisa memberikan nuansa cozy (nyaman dan tenang) bagi psikologis pasien. Selain itu, ruangan praktek yang luas bisa untuk menampung banyak "gadget-gadget" yang diperlukan untuk memeriksa pasien dan bisa mempermudah gerak orang-orang yang keluar masuk ke ruang tersebut.


Desain ruangan
Desain ruangan juga perlu diperhatikan dalam meningkatkan pelayanan. Semakin minimalis dan indah suatu desain ruangan, maka akan meningkatkan nilai jual tempat praktek kita di mata pasien.


Untuk memaksimalkan desain, tidak ada salahnya anda menyewa designer interior untuk membantu mendesain ruang praktek. Designer interior akan mengatur warna, bentuk, tata ruang, dan tata letak cahaya di ruang praktek sesuai keinginan anda. Selain itu, mereka juga akan mengatur furniture apa yang cocok untuk ruang praktek anda.

Kelemahan dari menyewa designer interior adalah memakan biaya yang cukup mahal. Jika anda tidak ingin menyewa designer interior, anda bisa mendesain sendiri ruang praktek anda sendiri. Anda tinggal mencari referensi desain melalui majalah ataupun internet. Nantinya anda bisa membuat tema warna, memasang wallpaper artistik, memasang lemari dan laci unik, dsb.


Jendela ruangan
Pencahayaan dan ventilasi diruang praktek juga harus diperhatikan. Jendela harus dekat pemeriksa agar memudahkan sirkulasi untuk keluar masuk. Selain itu, sinar matahari juga harus bisa masuk kedalam ruang periksa karena merupakan natural disinfectant, terutama yang harus diperhatikan adalah pasien dengan penyakit paru-paru.


Lampu ruangan
Walaupun terkesan sepele, tetapi lampu sangat berguna untuk ruang praktek. Ruangan yang terang akan memudahkan tenaga kesehatan dalam memeriksa dan mendiagnosis pasien.

Gunakanlah lampu LED karena lebih terang dan hemat energi. Selain itu lampu LED lebih tahan lama, bisa hingga 10 tahun, sehingga bisa menghemat pengeluaran dikemudian hari. Banyak merk dan jenis dari lampu LED ini. Saya pribadi menyarankan menggunakan lampu merk Philips karena durability-nya sudah teruji.

Jika bosan dengan lampu yang itu-itu saja, cobalah lampu Philips Hue. Lampu ini adalah lampu LED canggih dengan teknologi wireless yang bisa diatur tingkat kecerahan dan warnanya via aplikasi dari mobile device; seperti smartphone atau tablet. Lampu ini juga bisa dihidupkan dan dimatikan secara wireless.

Harga philips Hue di Amazon.com untuk versi starter pack, berisi 3 lampu dan 1 wireless controller, kurang lebih 2 juta rupiah.


Teknologi lampu ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, terutama dokter spesialis; untuk spesialis kulit, teknologi Philips Hue berguna untuk melihat kelainan pada kulit dengan warna lampu yang bisa diganti-ganti; untuk spesialis mata, lampu ini bisa dengan mudah dimatikan menggunakan wireless jikalau dibutuhkan untuk memeriksa kelainan pada mata dengan Ophthalmoscopy (Funduskopi).

Teknologi lampu ini juga bisa digunakan untuk menghibur pasien anak-anak dengan mengubah-ubah warna lampu. Sehingga anak menjadi tidak rewel dan mudah diperiksa.


Pendingin ruangan
Air Conditioning (AC) sudah sangat lumrah digunakan sebagai pendingin ruangan. Tujuan memasang pendingin ruangan ini adalah untuk membuat suhu ruangan stabil dan tidak panas; bukan membuat suhu ruangan menjadi dingin. Keadaan pasien yang sedang sakit, terutama demam, membuat pasien lebih sensitif terhadap suhu yang dingin sehingga bisa membuat pasien tersiksa diruang periksa.


Tidak jadi masalah apapun merek pendingin ruangannya, yang perlu diperhatikan adalah daya tahan AC tersebut dan maintenance-nya. Gunakanlah internet untuk mencari merek yang memiliki review yang bagus dari para penggunannya. Karena AC sangatlah mudah bermasalah, maka dibutuhkan service dan maintenance berkala untuk menghindari kerusakan. Gunakan jasa tukang service AC untuk melakukan maintenance ini.

Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam penggunaan AC adalah daya listrik pada AC itu sendiri. Untuk mengetahui berapa daya listrik yang kita butuhkan berdasarkan besar ruangan, bukalah link berikut: Pengertian PK pada AC.

Selain AC, kipas angin bisa digunakan sebagai alternatif jika budget-nya belum mencukupi. Hanya saja kipas ini harus diposisikan dengan pas. Usahakan kipas jangan mengarah ke pasien ataupun ke anda karena bisa membuat kuman penyakit berputar didalam ruangan; terutama jika tidak ada ventilasi. Arahkan kipas ke pintu keluar ataupun jendela.


Komputer
Penggunaan komputer diruang praktek bisa digunakan untuk berbagai fungsi; misalnya sebagai media penunjang diagnosis, database pasien, media edukasi pasien, dsb.


Komputer yang digunakan diruang praktek bisa berupa PC atau laptop (notebook). Saya sendiri tidak menganjurkan penggunaan netbook karena performanya yang kurang baik. Carilah komputer dengan processor dan graphic card yang powerfull sehingga performanya cepat dan bisa membuka banyak aplikasi dan data sekaligus.

Buatlah database gambar dan video untuk menunjang edukasi ke pasien. YouTube dan Google Images adalah tempat yang baik untuk mendapatkan database ini. Usahakan anda memiliki hardisk dengan kapasitas besar untuk menyimpan database ini. Hardisk ini bisa berupa hardisk internal atau eksternal.

Untuk menambahkan kesan edukasi ke pasien, anda bisa menggunakan 2 layar sekaligus, satu layar menghadap anda dan satu lagi menghadap pasien. Untuk menampilkan 2 layar sekaligus anda bisa menggunakan proyektor ataupun TV.


Proyektor memiliki banyak kekurangannya. Salah satu kekurangan dari proyektor adalah cepat panas dan cepat rusak jika digunakan terus menerus. Saya sendiri menyarankan menggunakan TV ukuran besar yang disambungkan dengan komputer di meja praktek anda.

Selain itu, komputer diruang praktek yang dilengkapi koneksi internet bisa membantu anda mencari referensi ketika memeriksa pasien. Terutama yang paling penting dan sering lupa adalah masalah mengenai obat-obatan; baik berupa merek, harga, dosis, interaksi obat, efek samping obat, dsb.


Stetoskop
Littmann electronic stethoscope seri 3200 adalah stetoskop tercanggih pada saat ini. Stetoskop ini memperkuat frekuensi suara organ yang diauskultasi hingga 10 kali dari stetoskop biasa. Berguna bagi mereka yang sering memeriksa suara jantung atau paru yang membutuhkan akurasi tinggi. Harga Littmann seri 3200 di Tigaem.com saat ini berkisar antara 5 juta hingga 7 juta rupiah.

Stetoskop ini memiliki koneksi bluetooth untuk dikoneksikan ke komputer atau laptop. Hasil pemeriksaan auskultasi bisa langsung dianalisa kelainannya dengan menggunakan software bawaan dari stetoskop ini. Berguna bagi mereka yang belum mahir dalam mendengarkan suara jantung atau paru.


Selain dianalisa, data suara auskultasi pasien yang sudah dimasukan ke komputer bisa langsung di play untuk didengarkan kepada pasien. Hal ini dapat memberikan kenyamanan pada pasien, terutama jika sambil dijelaskan kelainannya oleh anda.


Ultrasonography (USG)
USG merupakan alat diagnosis yang harus dikuasai oleh tenaga kesehatan dari berbagai cabang ilmu pengetahuan; mulai dari dokter umum, dokter spesialis tertentu, hingga bidan sekalipun.

Apakah bidan boleh menggunakan USG? Boleh. Hanya saja ada batasan-batasannya. Jika dokter menggunakan USG untuk mendiagnosis, bidan hanya sebatas observasi awal untuk memudahkan saat partus nantinya. Untuk peraturan mengenai pemakaian USG oleh bidan bisa dilihat disini: Bidan Pakai USG, Apakah Dibolehkan?

Banyak pelatihan-pelatihan mengenai USG yang diselenggarakan oleh persatuan dokter radiologi ataupun oleh produsen atau sales USG. Jenis dan tarif pelatihannya pun beraneka ragam tergantung kebutuhan. Pelatihan ini juga bisa diikuti oleh semua tenaga kesehatan yang tertarik menggunakan USG.

USG banyak jenisnya tergantung merk dan harga. USG merk-merk produsen Cina banyak juga yang berkualitas dan tahan lama.


CCTV
Memasang kamera Closed Circuit Television (CCTV) di dalam ruang praktek adalah hal yang masih kontroversial. Disatu sisi kamera rahasia bisa melanggar kode etik tenaga kesehatan dalam menjaga kerahasiaan pasien. Tetapi di sisi lain, kamera rahasia ini berguna untuk menghindari terjadinya fitnah oleh pasien kepada tenaga kesehatan di ruang praktek.

Saya sendiri tidak menyarankan untuk melakukan ini. Jika ketahuan melanggar kode etik dengan memasang CCTV di dalam ruang praktek, nantinya bisa terjerat hukum atau bahkan terjadi penarikan surat izin praktek. Alangkah baiknya kamera CCTV ditaruh di luar ruang praktek saja untuk pemantau keamanan.


Updated...


Renungan
Kelemahan dari penggunaan aneka teknologi di ruang praktek adalah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terutama bagi mereka yang baru memulai praktek dan masih memiliki budget yang minim, tentunya akan terasa berat untuk diaplikasikan. Tetapi, bagi mereka yang sudah memiliki budget cukup, biaya sudah bukanlah lagi kendala untuk meningkatkan pelayanan dalam persaingan.

Penggunaan teknologi di ruang praktek hanyalah masalah teknis saja. Hal ini tidak akan menentukan kesuksesaan seorang tenaga kesehatan nantinya. Masih banyak faktor yang bisa menentukan kesuksesaan seseorang; misalnya memiliki keberuntungan yang baik, memiliki kepandaian dalam me-manage pasien yang baik, memiliki interpersonal relationship yang baik dengan pasien, dsb.


Saya memiliki teman seorang senior dokter yang mempunyai ruang praktek yang boleh dibilang tidak layak sebagai tempat praktek. Akan tetapi, pasienya selalu saja ramai dan bahkan ada yang datang dari Kabupaten sebelah; menempuh perjalanan berjam-jam hanya untuk berobat ke beliau.

Untuk teman-teman muslim
Hal utama yang menentukan kesuksesaan kita adalah memohon kepada Allah SWT dengan do'a dan mengerjakan amal-amal sholeh. Karena seberapa hebat pun kita berikhtiar, jika tidak dibarengi dengan do'a dan niat yang baik, maka hasil akhirnya tidak akan maksimal.

Semoga pembaca sekalian dapat terus meningkatkan pelayanan kepada pasien baik secara teknis maupun secara personal.


Kata Kunci
Ruang praktek dokter, ruang praktik, tempat praktek, desain ruang praktek, kamar praktek.



0 Komentar:

Poskan Komentar