Cara Cepat Hosting Blog di IDwebhost

gambar dari reviewmarket.web.id

Memiliki situs web (websites) sendiri adalah merupakan impian setiap orang. Semakin berkembangnya teknologi, membuat dan memiliki sebuah situs web tidaklah serumit dulu. Hanya dengan bermodalkan blog, siapa saja bisa membuat situs sendiri.

Blog adalah singkatan dari web log, yaitu bentuk fleksibel dari situs web yang berisi informasi atau diskusi antara penulis dengan pembaca. Biasanya blog lebih informal dibandingkan websites. Untuk perbedaan lebih lanjut antara websites dengan blog bisa dilihat di link berikut: Blog vs Website.

Banyak situs penyedia jasa pembuatan blog gratis seperti Blogger, Worldpress, Tumblr, dsb. Akan tetapi, jika kita membuat blog di situs-situs tersebut, kita belum bisa menamai domain blog kita secara bebas karena masih ada akhiran nama situs dimana kita membuat blog tersebut. Sebagai contoh ketika saya membuat blog ini, nama blog saya adalah: argaaditya.blogspot.com, bukan argaaditya.com

Untuk menghilangkan akhiran "blogspot", kita diharuskan menyewa jasa web hosting. Banyak situs yang menyediakan jasa hosting. Tetapi, kali ini saya akan berfokus pada satu layanan hosting lokal di Indonesia yaitu IDwebhost. IDwebhost memiliki tarif jasa sewa yang relatif murah dan pelayananya baik.

Kelebihan menyewa hosting lokal dibandingkan hosting luar negeri adalah dari segi pembayaran dan servis. Pembayaran hosting bisa dilakukan menggunakan transfer antar bank dan tidak memerlukan kartu kredit. Lalu jikalau ada masalah dengan jaringan, kita bisa langsung konsultasi dengan cepat dan mudah menggunakan bahasa Indonesia.

Pada kesempatan ini saya akan membuat tutorial mengenai bagaimana melakukan blog hosting untuk blog yang dibuat di Blogger. Tutorial ini saya buat ketika saya melakukan hosting di IDwebhost untuk blog saya yang ketiga, tolenian.com. Jika ingin cepat, anda bisa langsung melompat ke bagian kesimpulan. Semoga bermanfaat:


Buatlah blog
Langkah pertama sebelum melakukan hosting, tentulah anda harus memiliki blog sendiri. Jika belum memiliki blog, buatlah blog di situs blogger.com.


Memulai hosting
Setelah blog selesai di buat, kini saatnya untuk memulai hosting. Untuk memulai, bukalah situs IDwebhost bagian member: member.idwebhost.com


Mendaftar di IDwebhost
Sekarang bukalah tab menu Account di pojok kanan atas, lalu anda klik Daftar.


Saatnya login
Setelah proses pendaftaran selesai saatnya anda mulai login. Buka tab menu Account di pojok kanan atas, lalu anda klik Login.


Periksa ketersediaan domain yang anda inginkan
Setelah selesai login, kini anda cari tab "Periksa Ketersediaan Domain Baru". Masukan nama domain yang anda inginkan di tab tersebut, lalu klik Periksa Ketersediaan.


Memilih akhiran domain
Jika domain anda sudah tersedia, sekarang anda tinggal pilih ingin akhiran domain anda, ingin berakhiran .com atau .net. Selanjutnya anda klik Order Sekarang.


Konfigurasi domain
Pada bagian ini anda akan diberikan pilihan untuk paket tambahan, apakah ingin melakukan proteksi id atau tidak dengan menambah biaya 50 ribu rupiah dan juga mendapat DNS Management. Pada bagian ini saya hanya mencetangi DNS Management.


Selesai pemesanan
Setelah selesai semua proses tersebut, kini anda centangi "Saya telah membaca dan menyetujui serta tunduk kepada ketentuan layanan". Lalu sekarang anda klik Selesaikan Pemesanan.


Faktur pembayaran
Kini anda sudah mendapatkan rincian pembayaran yang perlu anda transferkan ke IDwebhost.


Buka e-mail anda
Sekarang untuk mengetahui kemana harus transfer, bukalah e-mail anda, lalu buka inbox. Carilah e-mail dari IDwebhost bernama Customer Invoice atau Detail Order, lalu anda buka e-mail tersebut untuk melihat daftar bank IDwebhost.


Konfirmasi pembayaran
Jika anda sudah transfer biaya sewa domain sebesar 95 ribu rupiah, kini saatnya anda konfirmasi pembayaran yang sudah anda lakukan. Cara konfirmasi terdapat pada email yang IDwebhost kirim. Anda pilih salah satu dari tiga cara konfirmasi pembayaran.


Konfirmasi via website IDwebhost
Saya melakukan konfirmasi menggunakan pilihan ketiga yaitu menggunakan web IDwebhost. Anda tinggal mengisi isian pada kolom yang tersedia, setelah itu anda klik KIRIM.

Saatnya menunggu
Setelah anda melakukan konfirmasi pembayaran, kini saatnya menunggu e-mail balasan dari IDwebhost bahwa domain yang anda buat sudah aktif. Biasanya e-mail akan dikirimkan 1x24 jam. anda bisa cek e-mail anda tiap jam untuk melihat apakah sudah ada balasan.


Jika sudah aktif
Anda akan mendapat 3 buah email dari pihak IDwebhost yang menyatakan domain anda sudah aktif.


Mulai integrasikan blogger dengan IDwebhost
Bukalah Dashboard blogger anda, lalu pilih Settings, Basic. Lalu sekarang anda klik "+ Setup a 3rd party URL for your blog".


Ketahui CNAME blog anda
Masukan nama situs yang telah anda buat kedalam kolom isian. Nanti akan muncul tulisan merah "We have not been able to verify your authority to this domain. Error 14".

Jangan panik dan tidak perlu khawatir, karena proses integrasi baru saja dimulai. Akan muncul kode CNAME untuks setting DNS anda. Jangan dulu menutup Blogger anda, karena sekarang kita akan membuka IDwebhost.


Mengelola domain
Bukalah situs member IDwebhost. Lalu anda login ke IDwebhost. Selanjutnya anda klik tab Active Domains yang berwarna merah


Masuk menu kelola domain
Setelah memasuki area klien, sekarang klik tab Kelola Domain


Kunci domain anda
Selanjutnya anda harus mengunci domain anda terlebih dahulu agar tidak berpindah tangan. Klik tab Penguncian Registrar, lalu klik Enable Registrar Lock


Ganti nama server
Pada tahap ini, anda ganti nama server agar sesuai DNS anda nanti. Klik tab Nameserver, lalu isi kolom isian sesuai data berikut, lalu klik Ubah Nameservers.
  • Name Server1: dns1.idwebhost.biz
  • Name Server2: dns2.idwebhost.biz


Sekarang saatnya mengelola DNS. Klik tab Alat Pengelolaan, lalu klik Kelola DNS.


Merubah DNS sesuai CNAME
Masukan ke kolom isian pertama sesuai DNS 1 blog anda, lalu klik Simpan Perubahan. Contohnya seperti ini:
  • Nama host: www
  • Jenis Records: CNAME (Alias)
  • Alamat: ghs.google.com
  • Priority: dikosongkan dan tidak perlu diisi 
Sekarang pada kolom isian kedua, anda harus mengisi data DNS 2. Setelah anda isi, lalu klik Simpan Perubahan.
  • Nama host: "diisi sesuai blog anda"
  • Jenis Records: CNAME (Alias)
  • Alamat: "diisi sesuai blog anda"
  • Priority: dikosongkan dan tidak perlu diisi 
Nantinya hasilnya akan seperti ini:


Menunggu lagi
Sekarang saatnya kembali menunggu 1x24 jam hingga setting yang kita buat di IDwebhost aktif. Anda bisa mencoba tiap jam memasukan nama domain di Blogger. Bukalah Dashboard blogger anda, lalu pilih Settings, Basic. Lalu sekarang anda klik "+ Setup a 3rd party URL for your blog".


Berhasil!
Jika situs anda sudah aktif, ketika anda memasukan nama situs anda di kolom isian, tidak akan muncul tulisan "Error 14" berwarna merah lagi. Itu artinya blog anda sudah terintegrasi dengan domain dari IDwebhost. Untuk uji coba, sekarang buka situs anda dengan domain yang baru, pada contoh saya www.tolenian.com.



Searchable di Google
Langkah terakhir adalah membuat domain yang sudah anda buat masuk daftar pencarian di Google. Sekarang buka link berikut ini: www.google.com/submityourcontent. Lalu pilih Website Owner.


Pada Website owner bagian Web, klik Add your URL.


Sekarang masukan nama domain yang sudah anda buat, dan masukan kode security sesuai yang terlihat.


Selamat!
Sekarang blog anda sudah memiliki nama domain sendiri dan go public.


Apakah anda ingin menghasilkan uang dari blog yang sudah anda buat? Caranya adalah dengan bekerja sama dengan jasa layanan iklan Google Adsense untuk memasang iklan di blog anda. Untuk panduannya bisa dibuka di link berikut: Cara Cepat Memasang Google Adsense di Blog.


Kesimpulan
  1. Buatlah blog di Blogger.
  2. Buatlah account di IDwebhost lalu login.
  3. Setelah login, cek ketersedian domain yang akan kita buat.
  4. Jika tersedia, pada tahap selanjutnya centangi DNS management, dan selesaikan transaksi.
  5. Cek e-mail anda untuk melihat nomer rekening yang dikirim oleh IDwebhost, dan transferkan dananya 95 ribu rupiah.
  6. Setelah transfer, anda lakukan konfirmasi pembayaran, lalu tunggu konfirmasi dari pihak IDwebhost 1x24 jam.
  7. Jika sudah dikonfirmasi, sekarang kembali login ke situs IDwebhost
  8. Lakukan penguncian account, rubah nama server sesuai DNS, dan rubah DNS sesuai Id Blogger.
  9. Selanjutnya tunggu 1x24 jam untuk penyesuaian setting DNS.
  10. Lalu sekarang masukan nama domain baru kedalam menu setting di Blogger.
  11. Jika sudah berhasil, buatlah domain baru anda bisa dicari di Google dengan memasukan domain anda di daftar pencarian Google. Untuk mendaftar bukalah situs berikut: www.google.com/submityourcontent/

Kata kunci
cara menghilangkan blogspot, cara membuat situs sendiri, cara menamai domain blog, cara mengganti nama blog sendiri.


0 Komentar:

Poskan Komentar