Bolehkah Ibu Hamil Memakan Daging Setengah Matang?


Selain memiliki rasa yang unik, daging yang dimasak setengah matang memiliki tingkat kelembutan yang berbeda sehingga memberikan cita rasa tersendiri. Daging yang sering disajikan dalam keadaan setengah matang adalah dalam bentuk steak atau sate.

Akan tetapi, bagi mereka yang sedang hamil, daging yang dimasak kurang matang bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Bakteri atau parasit berbahaya yang terdapat didalam daging tersebut menjadi tidak terbunuh seluruhnya sehingga bisa menular ke ibu hamil atau janin.

Untuk pembahasannya, berikut adalah parasit dan bakteri yang sering terdapat pada daging yang kurang matang serta bahayanya:


Salmonella spp.
Bakteri Salmonella sp. bisa mengakibatkan banyak gejala kepada manusia. Bentuk ringannya seperti keracunan makanan dengan gejala muntah-muntah dan gangguan pencernaan sesaat. Tetapi jika infeksi yang terjadi berat, bakteri Salmonella sp. dapat menyebabkan terjadinya typhoid fever.
Gambar dari: wiki.ggc.edu

Di Indonesia sendiri, typhoid fever biasa dikenal masyarakat dengan nama penyakit Tifus atau Tipes. Gejala dari typhoid fever adalah demam tinggi, pusing, gangguan pencernaan, dsb. Penyakit thyphoid bisa mengakibatkan pasiennya dirawat hingga bisa yang paling parah, mengakibatkan kematian.

Typhoid fever pada kehamilan cenderung hanya menyerang terhadap ibunya saja dan tidak terlalu mengenai janin. Akan tetapi, jika kondisi ibu hamil memburuk, biasanya karena sulit makan dan kurang istirahat, bisa mengakibatkan janin menjadi stress dan meningkatkan resiko terjadi gangguan dan stes janin.

Selain itu, obat antibiotik minum untuk mengatasi demam thyphoid cukup berbahaya bagi janin. Ibu hamil yang menderita "tipes" harus dirawat dan diberikan antibiotik suntik yang aman untuk janin.


Toxoplasma
Parasit yang satu ini sangat berbahaya bagi ibu hamil dan sulit diobati. Parasit dari genus Toxoplasma, terutama spesies Toxoplasma gondii, dapat menyebabkan penyakit Toksoplasmosis. Penyakit ini bisa mengakibatkan terganggunya pertumbuhan janin sehingga bisa terjadi kematian janin dan keguguran spontan. Selain itu, Jika infeksi terjadi dalam waktu lama, infeksi Toxoplasmosis ini bisa mengakibatkan kemandulan pada ibu.
Gambar dari: cmr.asm.org

Masyarakat kebanyakan mengetahui parasit Toxoplasma ini biasa ditemukan pada kucing. Sebenarnya parasit ini bisa ditemukan selain di kucing. Salah satu contohnya adalah pada hewan ternak. Lalu jika daging hewan ternak yang terinfeksi ini dimakan dalam keadaan yang kurang matang, bisa mengakibatkan penyakit Toxoplasmosis pada manusia yang memakannya.


Sumber

Kata Kunci
Memakan daging mentah saat hamil, memakan daging setengah matang saat hamil.




0 Komentar:

Poskan Komentar