Aplikasi Berbayar Android Yang Wajib Dimiliki Tenaga Kesehatan


Sebagai tenaga kesehatan; baik itu bidan, perawat, ataupun dokter, tentunya terkadang membutuhkan referensi cepat dalam me-manage pasien. Contohnya adalah seperti menghitung kebutuhan cairan, menghitung dosis syringe pump, menghitung tetes infus, menghitung dosis obat pediatri, dsb.

Beruntunglah dengan semakin berkembangnya teknologi mobile (smartphone dan tablet), banyak orang mulai membuat aplikasi yang berguna untuk tenaga kesehatan. Aplikasi-aplikasi ini berguna ketika kita membutuhkan referensi, rumus cepat, hingga sebagai alat bantu diagnosis. Banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Menurut situs Engadgdet, pada tahun 2014 Google dengan Andoid-nya menguasai 80% pangsa pasar operation system (OS) mobile. Oleh karena itu, selanjutnya saya akan berfokus pada aplikasi kesehatan pada OS Android saja.

Pada kesempatan ini saya hanya akan membuat daftar aplikasi-aplikasi kesehatan yang berbayar saja. Untuk aplikasi gratisnya, bisa dilihat di sini: Aplikasi Gratis Android Yang Wajib Dimiliki Tenaga Kesehatan. Semoga aplikasi-aplikasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman tenaga kesehatan sekalian.

Berikut ini adalah aplikasi Andorid berbayar yang wajib dimiliki di smartphone atau tablet tenaga kesehatan:


ERres- Emergency Medicine
Harga: ± Rp. 130.000,-

Aplikasi ini merupakan referensi medis bagi mereka yang bekerja di IGD. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi kriteria, algoritma, dosis obat, dan hitungan medis untuk trauma ataupun penyakit kegawatdaruratan.

Aplikasi ini memiliki kelebihan dari segi database dan kemudahan dalam penggunaan karena sudah diurutkan berdasarkan spesialisasi. Sebagai alternatif, terdapat juga aplikasi kegawatdaruratan yang gratis: QuickEM.


2015 EMRA Antibiotic Guide
Harga: ± Rp. 213.000,-

Setiap penyakit infeksi memiliki penatalaksanaan yang berbeda-beda; mulai dari jenis antibiotiknya, dosisnya, waktu pemakaiannya, dsb. Hal-hal seperti ini bisa membuat kita lupa pada beberapa antibiotik tertentuterutama pada penyakit yang jarang kita jumpai.

Aplikasi ini menyediakan database antibiotik penyakit infeksi yang cukup lengkap dan sudah diurut berdasarkan spesialisasi dan penyakitnya. Antibiotik pada tiap-tiap penyakit dijelaskan berdasarkan dosis dan waktu pemakaiannya. Sebagai alternatif, terdapat juga aplikasi antibiotik yang gratis: GP Antibiotics.


Pocket Eye Exam
Harga: ± Rp. 23.000,-

Aplikasi ini merupakan satu paket lengkap alat bantu diagnosis pemeriksaan mata; mulai dari pemeriksaan visus, tes buta warna, dsb. Aplikasi ini sangat mudah dan ringan digunakan pada smartpone.

Banyak jenis aplikasi alternatif untuk pemeriksaan mata. Akan tetapi, rata-rata aplikasi tersebut berbayar dan tidak lengkap satu paket seperti aplikasi ini. Jika ingin men-download aplikasi pemeriksaan mata gratis yang tidak dalam satu paket, bisa mendownload aplikasi Snellen Chart, Color Test, dan Eye Emergency Manual. Sebagai alternatif, terdapat juga aplikasi pemeriksaan mata yang gratis: Eye Test.


Mediquation Medical Calculator
Harga: ± Rp. 70.000,-

Aplikasi ini merupakan kalkulator mengenai berbagai hitungan medis; baik itu skoring diagnosis,skoring prognosis, dan rumus-rumus cairan atau obat.

Walaupun aplikasi hitungan medis seperti ini biasanya sudah terintergrasi pada aplikasi lain yang sudah saya sebutkan sebelumnya; Misalnya Medscape, MIMS, QuickEM, dsb. Akan tetapi, aplikasi ini memiliki kelebihan dalam hal tampilan yang mudah digunakan; kecepatan membuka aplikasi; serta database yang lengkap. Sebagai alternatif, terdapat juga aplikasi kalkulator medis yang gratis: Calculate by QxMD.


ECG Guide by QxMD
Harga: ± Rp. 50.000,-

Aplikasi ini merupakan aplikasi panduan membaca EKG. Aplikasi bisa digunakan oleh siapa saja; mulai dari mahasiswa, PPDS, ataupun mereka yang sudah bekerja.

Sebagai alternatif, terdapat juga aplikasi ECG yang gratis: ECG Interpretation.



Updated...


Kata Kunci
aplikasi android untuk dokter, aplikasi android untuk perawat, aplikasi android untuk bidan, aplikasi android untuk tenaga kesehatan. aplikasi android untuk tenaga medis.


0 Komentar:

Poskan Komentar