Tips dan Trik Memilih Wahana Internsip Dokter

Mendapatkan wahana internsip (internship) favorit merupakan keinginan semua orang. Apalagi jika wahana tersebut dekat dengan rumah, merupakan tempat pariwisata, ataupun merupakan wahana yang menyediakan uang insentif tambahan bagi para dokter internsip. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan tips dan tricks sebelum memilih wahana. Semoga bermanfaat.



Persiapkan koneksi internet
Sebelum memilih wahana nanti, teman-teman harus stand by ditempat dengan koneksi internet yang bagus. Usahakan teman-teman menggunakan jaringan internet berkecepatan tinggi dengan PING stabil. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai masalah ini, silahkan buka link berikut: Tips dan Trik Mengoptimalkan Koneksi Internet Saat Memilih Wahana Internsip.


Membuat rencana untuk memilih wahana
Ketika wahana internsip diumumkan oleh KIDI, teman-teman harus langsung segera membuat daftar wahana untuk plan A, plan B, plan C, plan D, dst. Tujuan membuat "planing" wahana ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat saat pemilihan wahana nanti. Sebagai panduannya, teman-teman bisa membuka link berikut: Kumpulan Cerita Dokter Internsip

Usahakan minimal teman-teman sudah memiliki 5 daftar wahana yang akan dipilih. Jikalau teman-teman gagal memilih wahana yang diinginkan, langsung segera pilih wahana selanjutnya yang tertera di daftar yang sudah teman-teman buat. Misalnya jika gagal memilih wahana A, teman-teman jangan langsung berkecil hati, segeralah langsung pilih wahana B tanpa basa-basi. Jika wahana B gagal, langsung segera memilih wahana C, dst.

Ingat! Teman-teman sedang bersaing dengan ribuan orang lainnya yang ingin mendapatkan wahana favorit. Oleh karena itulah, kecepatan memilih memegang peran penting dalam mendapatkan wahana favorit. Teman-teman jangan sampai ragu saat memilih. Jika gagal memilih wahana internsip A, langsung bersegeralah memilih wahana B, dst.


Pertimbangan sebelum memilih wahana
Saat planing wahana nanti, teman-teman harus mempertimbangkan banyak hal. Berikut hal-hal yang bisa teman-teman jadikan acuan saat memilih wahana nanti:
  • Jauh atau dekat dari rumah sendiri.
  • Biaya hidup di daerah internsip nanti.
  • Rumah dinas atau rumah kos
  • Mendapat uang insentif tambahan atau tidak.
  • Adat istiadat dan keramahan penduduk setempat.
  • Daerah konflik atau daerah aman.
  • Lokasi pariwisata di sekitar wahana internsip.
  • Lokasi geografis dan iklim.

Lokasi geografis dan iklim di wahana internsip
Salah satu hal yang sering lupa dipertimbangkan oleh teman-teman yang akan pergi internsip adalah masalah geografis dan iklim. Bagian ini sangat penting sekali dipertimbangkan karena nanti teman-teman akan tinggal di wahana internsip selama 1 tahun.

Untuk masalah geografis, berikut adalah pertimbangan yang bisa teman-teman pikirkan:
  • Pertimbangkan untuk memilih wahana yang jauh dengan gunung merapi yang sedang aktif. Jika dekat gunung merapi aktif, dikhawatirkan saat internsip sedang berjalan, tiba-tiba gunungnya meletus.
  • Pertimbangkan untuk tidak memilih wahana di daerah yang sering mengalami kebakaran hutan dan kabut asap. Dikhawatirkan nantinya bisa menganggu aktivitas maupun kesehatan teman-teman.
Untuk masalah iklim, berikut adalah pertimbangan yang bisa teman-teman pikirkan:
  • Bagi teman-teman yang memiliki alergi, pertimbangkan untuk tidak memilih wahana internsip di daerah pegunungan yang dingin atau di daerah berdebu.
  • Pertimbangkan untuk memilih wahana ditempat yang tidak banjir ketika musim hujan.
  • Pertimbangkan untuk memilih wahana yang tidak kekeringan dan sulit air ketika musim kemarau.

Searching mengenai lokasi wahana internsip
Jika teman-teman masih bingung membuat daftar wahana, teman-teman bisa searching terlebih dahulu mengenai wahana-wahana internsip di Google. Teman-teman bisa mulai mencari berdasarkan pertimbangan yang cocok untuk teman-teman.


Tanya kepada yang sudah internsip mengenai wahana yang akan dipilih
Selain searching, teman-teman juga bisa bertanya kepada mereka yang sudah pergi internsip. Tanyakan semua pertanyaan yang ingin teman-teman tanyakan. Bagaimana situasi dan kondisi di wahana, dapat insentif atau tidak, masyarakatnya bagaimana, dsb.

Jika teman-teman masih bingung, teman-teman bisa melihat referensi dari cerita-cerita mereka yang sudah pergi internsip di link berikut: Kumpulan Cerita Dokter Internsip.


Baca dulu panduannya sebelum memilih wahana
Sebelum memilih wahana, teman-teman harus membaca tata cara memilih wahana pada panduan yang disediakan oleh KIDI dalam format pdf. Teman-teman harus mengingat bagian mana yang harus di klik dan bagian mana yang harus diisi ketika memilih nanti. Untuk men-download panduannya, silahkan buka link berikut: Cara Memilih Wahana - Program Internsip Dokter Indonesia

Tujuannya dari membaca panduan ini adalah agar teman-teman bisa lebih cepat dalam memilih wahana nanti. Selain itu, jika teman-teman grogi, gugup, atau tegang saat waktu memilih nanti, teman-teman tidak akan salah klik karena sudah memiliki bayangan bagian mana yang harus di klik dan bagian mana yang harus diisi.


Bagi teman-teman muslim
Setelah teman-teman mempersiapkan semuanya, sekarang giliran teman-teman untuk berserah diri. Sehebat apapun kita berusaha, tidak akan bisa berhasil optimal jika tidak diiringi dengan do'a. Faktor X atau faktor keberuntungan tidak akan datang tiba-tiba jika kita tidak meminta langsung dari yang maha memberi, Allah SWT.

Oleh karena itu, teman-teman jangan lupa mengerjakan amalan-amalan berikut ini sebelum memilih wahana internsip, agar diberi kemudahan dan keberhasilan saat memilih wahana nanti:
    1. Shalat fardhu lima waktu tidak terputus.
    Teman-teman harus mengerjakan shalat fardhu 5 waktu tanpa ada yang tertinggal. Shalat wajib, atau shalat fardhu, lebih utama dikerjakan diawal waktu. Ketika adzan berkumandang, teman-teman bersegeralah untuk shalat. Bagi teman-teman muslim laki-laki, jangan lupa shalat lima waktunya untuk dilakukan secara berjama'ah.

    2. Shalat qiyamul lail rutin.
    Teman-teman sempatkanlah untuk bangun mengerjakan shalat di 1/3 malam. Kerjakanlah shalat tahajud dan shalat witir pada waktu ini. Selain itu, teman-teman juga bisa shalat istikharah memohon  agar diberi yang terbaik saat memilih wahana nanti.

    3. Shalat dhuha rutin.
    Usahakan teman-teman untuk menyempatkan shalat dhuha di pagi hari.

    4. Meminta do'a kepada Allah setiap selesai shalat.
    Jangan dulu langsung beranjak dulu setiap selesai shalat, baik itu ketika shalat wajib maupun shalat sunat. Sempatkan untuk berdzikir dan berdo'a kepada Allah untuk diberikan keberhasilan dan kemudahan ketika memilih wahana internsip nanti.

    5. Shadaqah jariyah secara rutin
    Sedekah bisa dilakukan secara langsung kepada yang membutuhkan atau menitipkan harta yang akan di sedekahkan ke amil zakat dan sedekah. Keluarkanlah harta sedekah dikala kita sedang sempit harta (sedang tidak memiliki banyak uang) atau dikala sedang lapang harta (disaat uang sedang melimpah).

    Dengan berkembangnya zaman, sedekah bisa dilakukan dengan mudah. Sedekah pada zaman sekarang bisa dilakukan melalui transfer ke amil zakat dan sedekah online terpercaya. Salah satu contohnya adalah Dompet Dhuafa atau Rumah Yatim.

    6. Meminta do'a kepada kedua orangtua, terutama ibu.



    0 Komentar:

    Poskan Komentar