Tips dan Trik Mengoptimalkan Koneksi Internet Saat Memilih Wahana Internsip


Sistem "siapa cepat dia dapat" yang diterapkan Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) cukup merugikan mereka yang tinggal di wilayah dengan koneksi internet yang kurang bagus. Dibutuhkan tips dan trik khusus agar sistem ini di-"akali".

Banyak teman-teman pembaca yang sering bertanya kepada saya mengenai cara agar bisa mendapat wahana favorit saat memilih wahana internsip. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya akan menuliskan masalah tips dan trik ini agar memudahkan teman-teman nanti dalam memilih wahana internsip.

Jika teman-teman tidak sempat membaca artikel ini dan ingin cepat, teman-teman bisa langsung scrool down ke bagian kesimpulan. Berikut adalah tips dan trik mengoptimalkan koneksi internet. Semoga bermanfaat.



Siapkan hardware
Hardware yang perlu teman-teman siapkan adalah komputer (personal computer {PC}) atau laptop (notebook atau ultrabook) yang memiliki performa baik dan cepat dalam multitasking. Teman-teman perlu memperhatikan processor, RAM, dan graphic card yang ada pada PC atau laptop yang teman-teman gunakan.

Untuk melihat kemampuan seri setiap processor - dari yang paling lemot hingga yang paling cepat - bisa dilihat pada tabel hirarki di situs: Tomshardware: Intel & AMD Processor Hierarchy. Dan begitupun juga dengan graphic card, performanya bisa dilihat pada tabel hirarki di situs: Tomshardware: Desktop GPU Performance Hierarchy Table.

Untuk patokan mudahnya, jika PC atau laptop yang teman-teman gunakan sudah bisa digunakan untuk bermain game yang cukup menguras performa hardware, sudah bisa dipastikan akan aman dari "lemot" ketika memilih wahana nanti.

Hindari menggunakan netbook karena performanya yang buruk. Netbook adalah versi kecil dan "ekonomis" dari laptop. Banyak bagian dari laptop yang di downgrade untuk menjadi sebuah netbook sehingga menekan biaya produksinya dam netbook bisa di jual lebih murah dari laptop. Salah satu bagiannya adalah prosessor-nya yang standar dan RAM yang kecil. Selain itu, netbook juga tidak memiliki graphic card untuk menunjang aplikasi berbasis graphic.

Hati-hati bagi teman-teman yang tinggal di daerah yang memiliki jaringan listrik yang tidak stabil dan sering mati listrik. Jika teman-teman menggunakan PC, alangkah baiknya menggunakan uninterruptible power supply (UPS) agar PC-nya tidak mati dalam beberapa saat ketika terjadi mati listrik. Jika teman-teman menggunakan laptop, usahakan batere laptopnya terpasang dan sudah terisi penuh saat ketika digunakan agar ketika mati listrik, laptop teman-teman bisa terus menyala.


Siapkan software
Software yang perlu teman-teman siapkan disini adalah internet browser. Teman-teman harus menggunakan browser yang stabil dan tidak mudah error atau crash saat digunakan. Usahakan teman-teman menggunakan Firefox atau Chrome karena merupakan browser dengan rating terbaik. Safari atau Opera bisa jadi altrenatif lain bagi teman-teman.

Jika teman-teman menggunakan operating system (OS) Windows XP, Vista, 7, 8, dan 8.1, hindari menggunakan browser Internet Explorer karena performanya kurang baik. Tetapi jika teman-teman sudah memiliki Windows 10, teman-teman bisa menggunakan browser terbarunya, Microsoft Edge, yang lebih cepat dan stabil dibandingkan Internet Exporer.

Jika sudah meng-install browser, jangan lupa, teman-teman juga harus meng-update browser-nya ke versi terbaru agar lebih stabil. Selain itu, teman-teman juga harus meng-install plug-in untuk meningkatkan performa browser yang teman-teman gunakan. Salah satu yang paling penting adalah Adobe Flash Player dan JAVA.

Nah, nanti, ketika waktu memilih wahana, teman-teman cukup membuka browser saja. Tutup semua aplikasi yang terbuka karena bisa mempengaruhi kecepatan browser.

Selain browser, teman-teman juga bisa mengoptimalkan OS yang digunakan agar tidak lemot. Cara ini hanya optional saja, tidak wajib. untuk lebih lanjutnya, berikut adalah cara-caranya:

Internet dengan jaringan radio
Usahakan teman-teman JANGAN menggunakan internet dengan jaringan radio, baik itu dari jaringan radio Wi-Fi ataupun jaringan radio telepon dari provider seperi Indosat, Telkomsel, XL, 3, dsb. yang digunakan via modem atau tethering dari smartphone.

Jaringan yang menggunakan sinyal radio telepon (LTE, HSDPA, HSPA, dsb.) kurang baik menghantarkan data karena mudah terjadi gangguan, baik itu berupa masalah gangguan sinyal (terhalang bangunan, masalah cuaca yang buruk, dsb.), masalah jaringan yang terlalu ramai pengguna, masalah PING yang turun naik, dsb. Hal ini bisa menghambat teman-teman mendapatkan wahana favorit.


Selain sinyal jaringan radio telepon, ada juga jaringan radio lokal seperti sinyal Wi-Fi ditempat umum. Saya juga menyarankan untuk menghindari jaringan Wi-Fi ini karena memiliki kekurangan yang sama dengan jaringan radio telepon, terlebih lagi jika sedang ramai pengguna.

Jika teman-teman terpaksa menggunakan jaringan radio telepon, berikut tips untuk mendapatkan performa terbaik:
  • Cari tower BTS (pemancar radio) dari provider yang teman-teman gunakan. Semakin dekat dengan tower, maka sinyalnya akan semakin baik. Jika teman-teman menggunakan kartu Indosat, teman-teman bisa mencari lokasi tower BTS melalui peta yang sudah disediakan di situs Indosat di link berikut: Indosat Ooredoo Coverage Map
  • Hindari tempat-tempat yang banyak gedung dan bangunan karena dapat menghambat sinyal.
  • Cari tower BTS yang sudah men-support jaringan 3G (HSDPA), atau lebih baik lagi sudah support jaringan 4G (LTE).
  • Gunakan paket internet kuota dan jangan menggunakan paket unlimited.

Internet dengan jaringan broadband

Jaringan broadband adalah jaringan internet super cepat yang menggunakan kabel serat optik (optic fiber cable) sebagai media hantarnya. Keuntungan dari menggunakan internet via jaringan broadband adalah memiliki jaringan koneksi yang cepat, stabil, dan minim gangguan.

Di Indonesia, terdapat banyak internet service provider (ISP) yang memberikan layanan jasa internet broadband. Berikut adalah yang terbaik:
Provider jaringan internet broadband biasanya sering melakukan maintenace untuk memperbaiki sistemnya. Maintenance bisa dilakukan tiap minggu atau tiap bulan, tergantung masing-masing provider. Teman-teman hati-hati dengan maintenance ini, jangan sampai saat teman-teman memilih wahana tiba-tiba provider-nya melakukan maintenance.

Jika teman-teman di rumah menggunakan jaringan broadband yang dibagi untuk satu rumah melalui router dengan sinyal Wi-Fi, usahkan agar teman-teman mengalihkan koneksinya langsung ke PC atau laptop tanpa melalui router. Jangan lupa izin dulu dengan penghuni rumah yang lain kalau internetnya akan dialihkan sementara.


Mengungsi demi internet

Jika teman-teman memiliki koneksi internet yang tidak bagus di rumah, ada baiknya teman-teman sebelum waktu pemilihan wahana pergi mencari tempat dengan koneksi internet yang cepat dan stabil. Misalnya di warung internet (warnet), di rumah saudara, atau di rumah teman yang memiliki koneksi internet bagus.

Jika teman-teman tinggal di kabupaten yang sulit internet, teman-teman bisa pergi ke ibukota propinsi untuk mencari koneksi internet yang cepat dan stabil. Misalnya teman-teman tinggal di kabupaten sekitar Provinsi Aceh, teman-teman bisa pergi ke Kota Banda Aceh atau ke Kota Medan. Atau misalnya teman-teman tinggal di kabupaten sekitar Provinsi Jawa Tengah, teman-teman bisa pergi ke Kota Semarang atau ke Kota Yogyakarta, dst.


Mencari warnet terbaik

Tidak semua warnet menyediakan hardware, software, dan jaringan internet yang baik. Oleh karena itu, untuk pastinya, tanyakan kepada kerabat atau teman dekat mengenai warnet yang memiliki jaringan yang bagus di kota teman-teman. Ataupun jika tidak, teman-teman bisa search di Google mengenai warnet yang bagus di sekitar kota teman-teman.

Nah, jika sudah ketemu warnet bagus, teman-teman bisa tes dulu warnetnya sebelum memilih wahana. Teman-teman tes semua hal diwarnet tersebut, baik hardware, software maupun jaringan internetnya.

Warnet yang menyediakan jasa permainan game online biasanya memiliki hardware yang cukup mumpuni. Akan tetapi, jika warnetnya sedang ramai dipakai main game, koneksi internetnya akan cukup terganggu karena game online membutuhkan bandwidth yang besar.


Mengetes Koneksi

Untuk mengetahui apakah jaringan internet yang teman-teman gunakan cepat dan stabil, teman-teman bisa tes jaringan internet-nya di situs Speed Test atau Indosat Speed Test.

Ketika teman-teman melakukan tes kecepatan internet, nanti akan muncul angka dari PING, download speed, dan upload speed. Yang perlu teman-teman perhatikan adalah PING dan download speed, semakin besar angkanya, semakin baik koneksinya. Untuk penjelasan mengenai ini, bisa dibuka di link berikut: What is "ping", "download speed", and "upload speed"?


Server KIDI
Bagian ini merupakan bagian yang tidak bisa dioptimalkan oleh teman-teman. Web-Server ini hanya bisa dioptimalkan oleh pihak KIDI selaku panitia pemilihan wahana internsip online.

Masalah yang sering terjadi pada server KIDI ketika diakses ribuan orang secara bersamaan adalah terjadinya overload user yang mengakibatkan terjadinya bottlenecking. Akibatnya, server menjadi lemot, error, crash, unresponsive, dsb. sehingga mengganggu proses pemilihan wahana. Semoga nanti kedepannya, pihak KIDI meng-upgrade dan memperbaiki kinerja dari server ini.



Kesimpulan
Setelah panjang lebar saya jelaskan mengenai tips dan trik dalam mengoptimalkan koneksi internet saat memilih wahana internsip dokter, berikut adalah poin-poin kesimpulannya:
  • Siapkan hardware, baik laptop atau komputer, yang cepat baik dari processor, memory, maupun graphic card.
  • Siapkan software yang mumpuni dalam membuka internet. Saya sarankan gunakan Firefox atau Chrome yang sudah ter-update dan ter-install Adobe Flash dan Java.
  • Siapkan jaringan internet dengan jaringan broadband.
  • Hindari menggunakan jaringan internet via sinyal radio seperti jaringan WiFi atau jaringan telepon dari provider seperti Telkomsel, Indosat, XL, dsb. yang digunakan via modem atau tethering dari smartphone.
  • Jika tidak memiliki jaringan internet bagus di rumah, usahakan untuk mengungsi sementara ke tempat dengan jaringan internet bagus, bisa di kota sendiri atau di luar kota, baik itu di warnet, rumah teman, rumah saudara, dsb. 
  • Persiapkan hal-hal lain yang non-teknis. Untuk masalah ini bisa dibuka di link berikut: Tips dan Trik Memilih Wahana Internsip Dokter 


0 Komentar:

Poskan Komentar