Setelah Koas Sebelum Internsip


Hai teman-teman. Apa sih yang dilakukan dokter muda setelah selesai koas? Untuk menjawab pertanyaan ini, ayo kita bahas satu persatu dari mulai selesai koas hingga sebelum internsip (internship).


Libur dan libur
Setelah selesai koas teman-teman akan dihadapkan dengan libur, libur, libur, dan libur. Nikmatilah waktu kosong ini untuk refreshing setelah penat koas. Jangan lupa walaupun dalam kondisi libur, teman-teman harus tetap waspada dan jangan berleha-leha karena perang besar akan datang. Perang? Ya. perang itu adalah Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang terbagi dalam 2 tahap, Uji Kompetensi - Computer Based Test (UK-CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

Sambil libur ini teman-teman juga bisa membuat pas foto berbagai ukuran (2x3, 3x4, dan 4x6) dengan background merah. Cetaklah sebanyak-banyaknya karena nanti akan banyak persyaratan yang membutuhkan pas foto. Siapkan juga pas foto ini dalam bentuk format image digital (JPG, JPEG, PNG, dsb.) dengan ukuran dibawah 2 mb, karena nanti akan ada syarat-syarat yang perlu di upload.


Persiapan perang
Sembari menikmati liburan, teman-teman bisa memulai belajar untuk menghadapi UKDI. Banyak cara untuk belajar menghadapi UKDI, ada yang belajar mandiri, belajar kelompok, mengikuti kursus, dsb. Tetapi diantara itu semua, menurut saya pribadi mengikuti kursus adalah cara terbaik dalam menghadapi UKDI. Lembaga penyedia jasa kursus biasanya memiliki tips dan trik jitu untuk menghadapi UKDI sehingga memberi .

Ketika UKDI dulu, saya mengikuti kursus bimbingan PADI yang diadakan oleh alumni FK UI di daerah Matraman, Jakarta Pusat. Dokter-dokter pengajar PADI sangat ramah, baik, dan mumpuni dalam mengajarkan dan membahas soal-soal UKDI. Selain itu, bank soal-soal milik PADI bervariasi dan sering keluar di UKDI.


Selesai perang
Setelah selesai bertempur dengan UKDI, saatnya sekarang teman-teman kembali menikmati liburan lagi sambil menunggu pengumuman kelulusan. Saat-saat libur ini begitu menegangkan karena akan dihadapkan dengan kenyataan yang pahit atau manis disaat pengumuman nanti.

Jangan berkecil hati jika gagal dalam UKDI. Masih ada kesempatan lain untuk mengikuti UKDI di bulan berikutnya. Jadikan kegagalan tersebut suatu motivasi untuk lebih maju dan lebih semangat dalam belajar di kesempatan berikutnya.


Toga oh toga
Jika teman-teman dinyatakan lulus UKDI, sekarang saatnya teman-teman menunggu untuk wisuda. Jangan lupa untuk mendapatkan 2 benda pusaka ketika wisuda nanti. Pusaka tersebut adalah ijazah profesi dokter dan surat bukti angkat sumpah, sebagai persyaratan membuat Surat Tanda Registrasi (STR).


Menggunakan toga wisuda adalah saat yang paling eksis untuk foto-foto. Manfaatkan momen ini untuk memperbanyak foto bersama teman-teman di kampus dan bersama keluarga.


Membuat Sertifikat Kompetensi (Serkom)
Segeralah membuat Serkom ke Kolegium Dokter Primer Indonesia (KDPI) di gedung PB-IDI di Jl. Dr. G.S.S.Y. Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat.

Serkom ini merupakan benda pusaka ke-3 sebagai syarat untuk membuat STR. Setelah mengajukan persyaratan ke KDPI, sekarang teman-teman akan kembali menunggu hingga Serkom selesai.


Membuat Surat Tanda Registrasi (STR)
Setelah mendapatkan 3 benda pusaka penting untuk syarat membuat STR, kini saatnya teman-teman membuat STR ke Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) di jalan Teuku Cik Ditiro No 6, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Barikut rangkuman syarat-syarat untuk membuat STR baru, berdasarkan situs KKI:
  1. Mengisi dan menandatangani Form 1a.
  2. Mengisi dan menandatangani Form 1b.
  3. Fotokopi Ijazah yang dilegalisir 1 lembar.
  4. Fotokopi surat bukti angkat sumpah 1 lembar. 
  5. Fotokopi Sertifikat Kompetensi yang dilegalisir 1 lembar.
  6. Pas Foto berwarna:
    • Ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar.
    • Ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar.
  7. Surat Keterangan Sehat Fisik dan Mental yang dibuat oleh dokter yang memiliki Surat Izin Praktik (SIP) dengan mencantumkan nomor SIP dokter pemeriksa yang masih berlaku.
  8. Bukti asli pembayaran biaya registrasi ke rekening KKI (nomor rekening: 93.20.5556 BNI Cabang Melawai Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan) sebesar Rp. 300.000,-.

Markas KIDI
Sambil menunggu STR selesai, jika teman-teman ingin menanyakan langsung masalah seputar internsip, teman-teman bisa langsung datang ke Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) di gedung PPSDM di jalan Hang Jebat III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Gedung ini tepatnya berada di belakang RS Pertamina Pusat. Di gedung PPSDM nanti teman-teman akan diarahkan untuk menuju bagian KIDI di lantai 7.


Disana nanti teman-teman akan didatangi oleh salah satu perwakilan pengurus KIDI. Kebetulan ketika saya kesana, salah satu perwakilan dari KIDI yang bertemu saya adalah Pak Narto. Ingat teman, Pak Narto, bukan Pak Naruto. Beliau baik hati menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh saya seputar internsip.


Menyiapkan persyaratan internsip
Jika STR sudah jadi dan sudah dikirim ke alamat teman-teman, sekarang saatnya untuk mempersiapkan berkas syarat-syarat mendaftar internsip. Berikut adalah syarat-syaratnya:
  • Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama sendiri
  • Rekening BRI atas nama sendiri
  • STR Sementara
  • Foto 4x6 dengan background merah dalam format image digital (JPG, JPEG, PNG, dsb.)

Akhir penantian
Setelah melewati proses panjang yang cukup "makan ati", barulah teman-teman bisa mendaftar internsip. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara mendaftar internsip secara online: Cara Mendaftar Internsip Dokter Secara Online.


Obral wahana internsip
Mendaftar wahana internsip dilakukan dengan sistem online siapa cepat dia dapat. Sungguh bagaikan obral baju di mall-mall. Jika teman-teman ingin mendapatkan wahana internsip favorit, teman-teman mesti stand by di tempat dengan jaringan internet cepat dan stabil.

Kekurangan dari sistem siapa cepat dia dapat adalah bisa membuat server down karena diakses ribuan orang secara bersamaan. Efek dari server down ini akan membuat jaringan menjadi "lemot" atau bahkan error tidak bisa dibuka sehingga mengganggu proses pemilihan wahana internsip.


Waktu pemilihan wahana akan diumumkan oleh KIDI. Ketika angkatan saya dulu, pemilihan wahana di buka pukul 07.00 WIB. Siapkan diri teman-teman untuk on time ketika mendaftar memilih wahana. Usahakan teman-teman sudah login maksimal 5-10 menit sebelum pendaftaran dibuka. Alangkah baiknya jika teman-teman sudah login minimal 30 menit sebelum pendaftaran dibuka agar mencegah error ketika login.


Pilih wahana sesuai universitas
Ketika angkatan saya dulu, tempat asal universitas bisa menentukan pemilihan wahana internsip. Beberapa propinsi favorit ada yang hanya menerima dokter internsip dari universitas yang berdomisili di propinsi tersebut. Misalnya wahana internsip Jawa Barat, hanya menerima dokter alumni dari Unpad, Unjani, Unisba, dsb.

Beberapa propinsi lain ada yang menggunakan sistem persentase, misalnya 80% universitas lokal dari propinsi tersebut dan 20% dari universitas luar propinsi. Tidak perlu khawatir kehabisan tempat, mayoritas propinsi lain masih membuka wahana internsip untuk siapa saja dan dari alumni mana saja.

Untuk angkatan tahun 2015 keatas, sistem pemilihan wahana dibagi menjadi 2 tahap. Pemilihan wahana lokal dan pemilihan wahana secara nasional.


Pilih dengan hati
Banyak alasan teman-teman sekalian memilih wahana. Saya merangkum beberapa alasan yang sering dikemukakan oleh teman-teman yang akan internsip. Berikut alasannya:
  • Ingin memilih wahana yang dekat dengan rumah atau dekat dengan saudara.
  • Ingin memilih wahana di propinsi yang memberikan insentif (tunjangan) tinggi.
  • Ingin berpetualang di wahana tujuan pariwisata dengan keindahan alam yang bagus.
  • Ingin mengabdi di wahana yang sangat terpencil.
  • Memilih wahana secara acak karena sudah kehabisan ide mesti internsip dimana.
  • Terpaksa memilih wahana tertentu karena kehabisan kuota wahana. Biasanya karena mengalami error saat pemilihan wahana atau karena bangun kesiangan saat waktu pemilihan.
  • dsb.
Jika teman-teman ingin mengumpulkan dana untuk biaya nikah, teman-teman bisa mempertimbangkan untuk memilih wahana yang memiliki insentif tinggi. Beberapa kabupaten di propinsi tertentu ada yang memberikan insentif di luar gaji pokok. insentifnya pun bermacam-macam bentuknya, bisa berbentuk uang makan, uang jasa tindakan, uang sewa tempat tinggal, dsb. Jika dijumlahkan antara gaji dan insentif, teman-teman bisa mendapatkan lebih dari 5 juta rupiah per bulannya.


Kesimpulan
Terakhir sebagai kesimpulan, berikut step by step yang perlu dilakukan dokter muda setelah selesai koas sebelum internsip:
  • Setelah selesai koas, teman-teman akan mengikuti UKDI.
  • Setelah lulus UKDI, selanjutnya teman-teman akan di wisuda untuk mendapatkan ijazah profesi dan surat angkat sumpah.
  • Setelah itu, teman-teman harus membuat Sertifikat Kompetensi (Serkom) di KDPI.
  • Jika serkom sudah selesai, teman-teman bisa memulai membuat STR sementara (STR internsip) di KKI.
  • Setelah STR sementara selesai, kini saatnya teman-teman mulai mendaftar internsip secara online.

Kata Kunci
Setelah koas, koass, ko-asisten, setelah coas, co-as, co-assistant, sebelum intership, internship dokter.


0 Komentar:

Poskan Komentar