Cara Mendaftar Internsip Dokter Secara Online


Hai teman-teman yang akan pergi internsip (internship). Pada kesempatan ini, saya akan memberikan tutorial mengenai cara mendaftar Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) dengan sistem online di situs Internsip Depkes yang dikelola oleh Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI).

Tujuan dibuatnya sistem online ini adalah untuk menghindari kecurangan dalam memilih wahana internsip. Biasanya ada orang-orang tertentu yang ingin curang mendapat wahana favorit. Kecurangan yang terjadi bisa dalam bentuk uang, seperti uang sogokan; atau bisa dalam bentuk nepotisme, mengaku-ngaku saudaranya profesor anu, saudaranya gubernur anu, dsb.

Jika teman-teman ingin tanya jawab masalah internsip secara langsung, teman-teman bisa langsung mengunjungi KIDI di gedung PPSDM lantai 7. Untuk lokasi lengkapnya KIDI bisa buka link berikut: Alamat-Alamat Penting Saat Pengurusan Internsip Dokter



Jangan lupa, sebelum memilih wahana, teman-teman baca juga artikel-artikel berikut ini:
Berikut panduan step by step untuk mendaftar internsip. Semoga bermanfaat:

[INFO] cara mendaftar internsip ini dibuat pada Oktober 2014; pada saat web KIDI versi 1.0. Cara dan persyaratan mendaftar internsip setiap tahun selalu ada update dan perubahan.


1. Persiapan
Sebelum memulai pendaftaran, teman-teman harus menyiapkan:
  • Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama sendiri
  • Rekening BRI atas nama sendiri
  • STR internsip
  • Foto 4x6 dengan pakaian formal dan background merah dalam format image digital (JPG, JPEG, PNG, dsb.) dengan ukuran 1 MB.
Untuk angkatan 2016, sekarang ada tambahan persyaratan baru yang harus disiapkan sebelum berangkat intensip, yaitu:
  • Kartu BPJS Kesehatan.
  • Kartu tanda penduduk (KTP).
  • Surat keterangan sehat dengan anamnesa dan pemeriksaan penunjang; antara lain: darah lengkap, urin rutin, kimia darah (GDS, GDP, GD2PP, fungsi liver, fungsi ginjal, dan profil lipid).
  • Surat keterangan bebas narkoba.
  • Surat keterangan tidak hamil trimester ke-3 (bagi para calon internsip wanita yang sedang hamil).

2. Mulai mendaftar
Untuk mulai membuat account internsip, bukalah situs Internsip Kemenkes. Selanjutlah klik Daftar Sekarang pada kolom Login Anggota di sebelah kanan situs.



3. Pengecekan STR
Isilah form pengecekan STR sesuai data masing-masing.



4. Verifikasi e-mail
Setelah form pengecekan STR diisi, selanjutnya teman-teman harus melakukan verifikasi bahwa e-mail yang dimiliki teman-teman valid.

Teman-teman akan mendapat e-mail Konfirmasi Registrasi Internsip Online. Segeralah buka alamat e-mail teman-teman untuk membuka e-mail tersebut, lalu klik link validasi.



5. Mulai Login
Sekarang teman-teman sudah bisa login untuk masuk ke beranda (home page) situs internsip kemenkes. Teman-teman akan melihat 10 langkah proses pendaftaran internsip ketika masuk ke beranda situs ini. Gambar di bawah saya screenshot saat saya memasuki tahap ke-4.



6. Mengisi dan meng-upload berkas
Klik pada Data Pendaftaran, lalu klik Data Permohonan.



Isilah Data Calon Peserta dan Data Keuangan secara lengkap. Pada tahap ini teman-teman juga harus meng-upload:
  • Pas foto ukuran 4x6 dalam format image digital dengan ukuran file kurang dari 1 MB.
  • Hasil scan STR internsip.
  • Hasil scan halaman pertama buku tabungan BRI.
  • Hasil scan kartu NPWP


7. Memilih wahana
Pemilihan wahana akan dimulai pada waktu yang ditentukan. Biasanya akan ada pengumuman di home page situs Internsip Kemenkes mengenai tanggal dan jam berapanya pemilihan wahana internsip dimulai. Pada saat angkatan saya, pemilihan wahana dimulai pukul 07.00 WIB.

Ingat! Sistem pemilihan wahana internsip menggunakan sistem siapa cepat dia dapat. Jika teman-teman ingin mendapatkan wahana internsip favorit, teman-teman harus stand-by di tempat dengan jaringan internet cepat dan stabil. Berikut tips-nya agar mendapatkan wahana favorit: Tips dan Trik Mengoptimalkan Koneksi Internet Untuk Memilih Wahana Internsip.

Kekurangan dari sistem siapa cepat dia dapat adalah bisa membuat server KIDI down karena diakses ribuan orang secara bersamaan. Efek dari server down ini akan membuat jaringan menjadi "lemot" atau bahkan error tidak bisa dibuka sehingga mengganggu proses pemilihan wahana internsip.

Usahakan teman-teman sudah log-in 10-30 menit sebelum pendaftaran dibuka agar mencegah error ketika login. Jika sudah berhasil login, teman-teman pilih Data Pendaftaran, lalu klik Pendaftaran Internsip pada waktu yang telah ditentukan.

Sayangnya saya tidak mendapat screenshoot pemilihan wahana karena langsung ditutup ketika pemilihan wahana selesai. Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa melihat file pdf panduan untuk memilih wahana: Cara Memilih Wahana - Program Internsip Dokter Indonesia.


8. Verifikasi oleh KIDI
Setelah memilih wahana internsip, para peserta internsip harus melakukan verifikasi dengan menandatangani surat pernyataan bersedia internsip diatas materai.

Pilih Data Pendaftaran, lalu klik Fakta Integritas.


klik Download Surat Pernyataan, lalu print surat tersebut.


Tanda tangani surat pernyataan yang sudah di print diatas materai. Kemudian scan atau foto surat pernyataan yang sudah ditandatangani untuk di upload kembali ke situs Internsip Kemenkes.



8. Menunggu
Setelah selesai meng-upload surat pernyataan, sekarang saatnya menunggu surat tersebut di verifikasi oleh pihak KIDI. Sambil menunggu, teman-teman bisa membuat grup internsip di Line atau di Black Berry Messenger (BBM) dengan dokter dari universitas lain yang memilih wahana yang sama. Jadikan ini sebagai ajang silaturahmi atau ajang mencari pasangan bagi mereka yang masih single, siapa tahu jodoh.


9. Aktif internsip
Setelah verifikasi surat pernyataan selesai, maka status internsip berubah menjadi aktif. Biasanya nanti akan ada pengumuman tanggal keberangkatan di home page situs Internsip Kemenkes. Untuk saat ini teman-teman hanya perlu menunggu hingga tanggal keberangkatan.


10. Berangkat internsip
Dinas kesehatan di setiap provinsi memiliki kebijakan masing-masing dalam melayani dokter internsip. Beberapa dinas kesehatan provinsi ada yang memberikan biaya ongkos perjalanan dan biaya penginapan bagi peserta internsip dari luar daerah. Nantinya para peserta tinggal menghubungi koordinator internsip di dinas kesehatan provinsi masing-masing untuk mendapatkan tiket perjalanan dan ongkos menginap.

Tujuan pertama keberangkatan teman-teman nantinya adalah dinas kesehatan provinsi. Nanti disana teman-teman akan diberikan briefing atau pengarahan seputar internsip di kabupaten/kota  provinsi tersebut. Setelah itu barulah para dokter internsip akan dikirim ke kabupaten wahana internsip dengan kendaraan yang sudah disediakan oleh dinas kesehatan.


Perlu diperhatikan
Peserta berikut dianggap mengundurkan diri dan hanya dapat melakukan pendaftaran kembali pada periode rekrutmen satu tahun berikutnya:
  • Peserta yang sudah terverifikasi tetapi tidak memilih wahana
  • Peserta yang sudah memilih wahana tetapi tidak upload pakta integritas
  • Peserta yang sudah terverifikasi dan/atau memilih wahana tetapi tidak bersedia diberangkatkan
 Lebih lengkapnya bisa dilihat di link berikut: http://www.internsip.depkes.go.id/berita.php?id=51



Kesimpulan
Terakhir sebagai kesimpulan, berikut adalah cara mendaftar internsip secara singkat:
  • Daftar di situs Internsip Depkes.
  • Isi form pengecekan STR.
  • Buka e-mail untuk membuka validasi user dari Admin Internsip Online.
  • Mulai login.
  • Isi biodata dan data keuangan.
  • Upload berkas-berkas persyaratan internsip.
  • Memilih wahana pada tanggal dan jam yang sudah ditentukan.
  • Download surat pernyataan bersedia internsip, print, lalu tanda tangani diatas materai.
  • Upload surat pernyataan yang sudah ditandatangani.
  • Tunggu verifikasi dan tanggal keberangkatan dari KIDI.
  • Berangkat dan aktif internsip

Kata Kunci
internship dokter, mendaftar internship, komite internship dokter indonesia.


0 Komentar:

Poskan Komentar